Tandon Air Plastik vs. Stainless Steel

Kebutuhan tandon air sangatlah penting untuk menjaga persediaan air di rumah. Bila pasokan dari PDAM atau listrik mati, tentunya persediaan dari tandon air bisa digunakan, dan Anda tidak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan air.
Tapi, untuk menentukan tangki air yang berasal dari plastik dan stainless steel, mana yang lebih baik? Setiap jenis bahan dari toren air pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi bahan, ukuran tandon air, dan dari segi harganya juga pastinya berbeda.
Nah, tandon dari jenis bahan apa yang harus Anda pilih, simak ulasannya berikut!

Tandon Air Plastik

Tandon air plastik ini bahan material yang digunakannya dari polietilen atau lebih dikenal dengan fiber glass. Bahannya yang terbuat dari plastik, tentunya memiliki harga tandon air yang jauh lebih murah dibanding dengan dari bahan stainless steel. Hanya saja, jika dibandingkan dengan ketahanannya, pastinya agak sedikit di bawah bahan stainless steel.
Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan dari toren air plastik ini?

Kelebihan Tandon Air Plastik

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tandon air plastik ini berupa harganya yang jauh lebih murah. Bahannya yang terbuat dari plastik, tentunya tidak berkarat dan lebih ringan. Beban yang ringan ini akan lebih mudah dalam memasangnya.
Sekarang ini material PVC banyak dikembangkan. Sehingga membuat daya tahannya juga jauh lebih baik dari produk-produk yang sudah lama. Jadi, tidak heran material tandon plastik ini semakin banyak digunakan, bahkan untuk industri sekalipun.
Apalagi sekarang ini sudah banyak ditemukan material PVC yang tahan terhadap suhu hingga 140 derajat celcius.

Kekurangan Tandon Air Plastik

Meski punya banyak kelebihan, toren dari plastik ini juga tidak luput dari kekurangan. Dimana bahan ini lebih mudah tumbuh lumut di dalamnya. Jadi, Anda harus sering membersihkannya secara rutin.
Selain itu, dalam jangka waktu tertentu, material bahan dari plastik ini juga akan lebih mudah rusak dibanding dengan stainless steel. Apalagi jika terjadi cuaca yang ekstrim, sehingga kemampuan merenggangnya pun akan semakin melemah atau elastisitasnya menurun.
Umumnya, banyak tandon air 500 liter lebih banyak ditemukan daripada dari stainless steel. Karena kekuatan bahannya yang relatif lebih kecil.

Tandon Air Stainless Steel

Dari sisi bahannya sudah bisa dipastikan toren ini lebih mahal dari bahan plastik. Namun tentunya harga tersebut sesuai dengan kelebihan yang diberikan. Berikut kelebihan dan kekurangan tandon dari bahan stainless steel berikut!

Kelebihan Tandon Air Stainless Steel

Bahan material dari stainless steel ini memiliki keunggulan yang sangat baik. Berupa ketahanan terhadap panas, tahan karat, dan tentunya memiliki daya tahan yang sangat lama.
Stainless steel membuat air lebih aman dikonsumsi. Material ini juga tidak akan menumbuhkan lumut. Apalagi tandon ini lebih mudah dibersihkan.

Kekurangan Tandon Air Stainless Steel

Kekurangan tandon ini ternyata hanya bisa digunakan untuk salurah PAM atau PDAM. Jika digunakan untuk menyimpan air tanah, maka akan membuat tandon mudah korosi.
Jenis tandon stainless steel ini juga tidak bisa digunakan untuk daerah yang dekat pantai. Karena udara yang mengandung garam juga akan membuat bahannya terkorosi dengan lebih cepat.
Pilihlah tandon air dari bahan yang berkualitas dan harga paling murah hanya di Bagong Jaya. Kami menyediakan beragam bahan dari tangki air sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi, mana penampung air yang baik untuk rumah Anda.
Itulah perbedaan masing-masing antara tandon air plastik dengan stainless steel. Keduanya punya masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Dapatkan semua tandon air tersebut hanya di Bagong Jaya sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.