Inilah 2 Langkah Mengatasi Pipa PVC Tersumbat!

Penyumbatan pada pipa PVC dinilai lebih kecil daripada pipa logam. Pipa PVC akan lebih ideal digunakan untuk saluran air pada perumahan. Dibandingkan dengan pipa logam, bahan pvc yang terbuat dari plastik memiliki dinding pipa yang halus. Hal itu sangat berguna untuk mengalirkan air dan kotoran dengan lancar tanpa menempel pada dinding pipa.

Tumpukan minyak dan kotoran sisa makanan yang dibiarkan terus menerus, akan menyebabkan pipa tersumbat. Sebelum membersihkan pipa, Anda harus tahu bahwa pipa dapat rusak jika pembersihan tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Lalu, bagaimana cara membersihkan pipa PVC yang tersumbat?

1. Membersihkan secara manual

Metode pembersihan pipa PVC yang sering digunakan adalah dengan menuangkan bahan kimia atau air yang sangat panas ke saluran pembuangan. Saluran pembuangan perumahan biasanya akan penuh dengan penumpukan minyak bahkan sampah rumah tangga.

Sebelum menggunakan bahan kimia, Anda bisa mencoba membersihkan pipa secara manual. Pipa yang masih terjangkau oleh mata dapat dibersihkan dengan air panas dan tongkat kayu. Cobalah untuk menuangkan air panas pada saluran air untuk menghilangkan residu minyak yang menempel pada pipa. Namun tetap perhatikan suhu panas agar tidak merusak saluran air. Anda bisa membaca artikel dampak suhu tinggi pada pipa PVC.

Untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk, Anda bisa melepas pipa PVC lalu memasukkan tongkat kayu untuk membersihkan bagian dalam pipa yang kotor. Setelah kotoran keluar, pipa dapat dipasang kembali.

2. Membersihkan dengan bahan kimia

Jika saluran air berada dibawah tanah, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan bahan kimia. Sebelum membelinya, kenali dulu bahan kimia yang diperbolehkan untuk membersihkan pipa. Karena bahan pembersih pipa yang mengandung bahan kimia dapat bersifat korosif. Bahan pembersih saluran air yang bersifat oksidator, asam dan kaustik mampu membuat pipa menjadi lunak bahkan meleleh sekalipun.

Yang menyebabkan pipa melunak hingga meleleh adalah panas yang dihasilkan dari reaksi penggunaan beberapa bahan kimia. Reaksi kimia yang melibatkan asam klorida, asam sulfat dan natrium hidroksida dapat menghasilkan panas yang mampu mencapai titik didih.

Anda bisa menggunakan bahan kimia yang aman seperti soda kue dan cuka yang dapat ditemui di toko kelontong. Bagaimana caranya?

Siapkan air panas, soda kue dan cuka. Tuangkan soda kue secukupnya ke dalam pipa, lalu siram dengan air panas. Diamkan beberapa saat, lalu tuangkan kembali soda kue kedalam saluran air beserta cuka. Kemudian cobalah untuk mengalirkan air kembali.

Itulah langkah-langkah mengatasi pipa PVC tersumbat. Pastikan saluran pembuangan air selalu dirawat dan dibersihkan. Pemilihan kualitas pipa yang tepat dapat mengurangi resiko masalah penyumbatan.


Konsultasikan pipa PVC yang cocok untuk rumah Anda kepada Bagong Jaya. Segera hubungi kami untuk pemesanan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.