Pipa PVC Terkena Suhu Tinggi, Apa Dampaknya?

Pipa PVC

Pipa PVC dikenal lebih unggul dari pipa tembaga dalam banyak hal karena termasuk bahan termoplastik. Banyak orang menggunakannya untuk menyalurkan air di kebun, untuk menyambung ke pipa pembuangan limbah, kabel listrik hingga untuk mengeluarkan udara.

Lalu, bisakah pipa PVC bertahan pada suhu tinggi?

Yang perlu kita ketahui, PVC hanya dapat menahan suhu tertentu sebelum mengalami kerusakan struktural. Suhu kerja maksimum pipa mencapai 60°C. Kondisi yang paling ideal agar umur pipa tercapai sesuai harapan adalah mengatur suhu kerja hingga 20°C saja.

Bagi Anda yang menggunakan PVC di luar ruangan, tak perlu khawatir jika pipa terpapar sinar matahari. Umumnya, material ini mampu bertahan jika terkena sinar UV dan tidak langsung rusak dibawah sinar matahari. Tetapi paparan sinar matahari yang konsisten akan melemahkannya seiring waktu.

Anda bisa menggunakan pipa berwarna putih untuk menangkal sinar UV.

Pipa PVC akan tahan di bawah matahari. Namun, tidak berlaku ketika permukaan pipa langsung terkena air yang sangat panas. Menyalurkan air panas ke pipa harus dihindari.

Lebih baik air panas yang akan dibuang ke wastafel dapur dibiarkan sejenak hingga mencapai suhu normal. Hal tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan.

Pastikan bahwa Anda memilih pipa yang tebal dan kuat untuk instalasi proyek Anda. Bagong Jaya menyediakan berbagai macam ukuran pipa dengan harga yang terjangkau.

Pilihan pipa yang tepat akan memperpanjang masa pemakaian sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.