3 Cara Membuat Tempat Makan Ayam dari Pipa PVC

Pipa PVC

Bagi Anda yang sering meninggalkan hewan peliharaan di rumah, mungkin akan kebingungan dalam penyediaan makanannya. Khususnya hewan ternak seperti ayam sangat memerlukan makanan. Lalu, bagaimana solusinya?
Penyediaan makanan dengan pipa PVC bisa Anda coba! Dengan harga yang terjangkau, Anda tidak perlu cemas akan persediaan makanan ayam. Cara ini sangat efektif untuk melindungi makanan dari air hujan dan mencegah makanan ayam terbuang sia-sia.

Bagaimana cara membuat tempat makanan ayam dari pipa PVC?

1. Siapkan desain tempat makan ayam yang Anda inginkan!

Sebelum membuat tempat makan ayam, terlebih dahulu persiapkan desain yang Anda inginkan. Jenis yang paling mudah digunakan adalah dengan bentuk vertikal dan diberi sedikit lekukan dibagian bawah. Desain yang sering digunakan adalah model pipa PVC melengkung dengan bukaan di ujung bawahnya. Terdapat juga desain yang menggunakan ujung lurus dan lebih panjang dengan beberapa lubang di dalamnya. Dengan begitu, beberapa ayam dapat dengan mudah makan dari tempat makan yang sama sekaligus.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Setelah Anda mengetahui desain yang tepat, persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat tempat makan ayam. Beberapa alat yang perlu Anda siapkan adalah

Setelah Anda memutuskan bagaimana Anda ingin mendekati proyek ini, Anda perlu mengumpulkan semua persediaan. Berikut adalah jenis pipa yang Anda perlukan untuk membuat empat pengumpan dasar:

  • Pipa PVC panjang dengan diameter 3 inch.
  • Empat siku PVC 90 derajat dan empat siku 45 derajat.
  • Empat tutup pipa ukuran 3 inch.

Anda juga memerlukan alat ini untuk hasil terbaik:

  • Gergaji besi
  • Semen PVC
  • Alat bor
  • Tali dan sekrup logam

3. Gabungkan seluruh peralatan

Setelah mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan, gabungkan seluruh alat hingga menjadi tempat makan ayam yang Anda inginkan. Namun, Anda mungkin perlu menyesuaikan jumlah tersebut berdasarkan jumlah ayam yang Anda miliki.

Setelah perakitan selesai, proyek Anda akan terlihat seperti tempat makan ayam. Pastikan bagian atas dan bawah pengumpan tertutup rapat untuk mencegah makanan jatuh. Selain itu, pastikan ujung yang tajam diampelas agar ayam Anda tetap aman.

Sekarang, Anda hanya perlu mencari tempat untuk memasangnya. Dengan tutup di bagian atas, makanan akan tetap terlindungi dari hujan, namun meletakkannya di area tertutup akan lebih baik.


Jika Anda memerlukan pipa PVC yang kuat dan tebal, hubungi Bagong Jaya untuk melalukan pemesanan. Berbagai macam jenis pipa PVC tersedia di Bagong Jaya dengan harga yang sangat terjangkau!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.