Pipa PVC Bocor Dapat Diatasi Dengan 4 Cara Ini!

allianceplumbingservices.com

Pipa PVC bocor dapat menimbulkan berbagai masalah di rumah Anda jika tidak ditangani dengan tepat.

Kebocoran pipa bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti pemasangan yang tidak tepat atau jenis pipa yang tidak cocok untuk tekanan air di rumah Anda.

Untuk menghindari kebocoran pipa PVC, berikut 4 cara yang harus Anda ketahui untuk menanganinya:

1. Tutup dengan selotip pipa PVC

Umumnya, selotip pipa (sealtape) digunakan untuk menangani kebocoran pipa. Selotip pipa terbuat dari silikon dan bersifat self-fusing, artinya ia mengikat dirinya sendiri saat melilit pipa yang rusak untuk membentuk ikatan permanen di atas area kebocoran. Barang kecil ini dapat ditemui di toko bangunan.

Selotip pipa mampu meregang hingga 300% bahkan dapat mengatasi kebocoran langsung dari aliran air yang tidak dapat dimatikan sekalipun. Pemasangannya pun cukup dengan meregangkannya ke area pipa yang rusak selama beberapa kali putaran untuk menutup kebocoran secara permanen. Perbaikan pipa dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit. Kini pipa yang bocor dapat berfungsi kembali.

2. Selotip Fiberglass Resin

Untuk memperbaiki kebocoran pipa, Anda bisa menggunakan Selotip Resin Fiberglass. Bahan ini memiliki desain unik, terbuat dari kain fiberglass dengan resin yang aktif jika diberi air.   Sebelum memasang selotip ini, permukaan pipa yang akan dililitkan selotip  harus basah, jika tidak, resin tidak akan aktif.

Saat memasang selotip fiberglass atau silikon ke pipa PVC, Anda harus membersihkan bagian yang rusak karena debu dapat mencegah resin menempel ke permukaan pipa yang rusak.

3. Karet dan Klem Selang

Metode ini menggunakan kompresi untuk memperbaiki kebocoran kecil pada pipa PVC. Cara penanganannya cukup mudah, letakkan karet di sekitar area pipa PVC yang rusak, lalu letakkan klem selang di sekitar area yang bocor. Setelah klem terpasang dengan rapat, Anda bisa mencoba mengalirkan air pada saluran pipa PVC. Jika air tidak keluar dari permukaan pipa, maka pipa PVC dapat digunakan kembali.

4. Mengganti pipa PVC baru

Jika pipa PVC terlalu banyak mengalami kerusakan, solusi terbaik adalah mengganti pipa PVC lama dengan pipa PVC yang baru. Untuk mengganti pipa PVC yang rusak, Anda perlu memotong bagian pipa lama yang rusak dengan gergaji besi. Pastikan pipa lama yang akan direkatkan dengan pipa baru dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian, oleskan lem pada permukaan pipa dan masukkan pipa ke fitting pipa. Setelah menahan 10 detik, pipa PVC yang baru akan berhsil terpasang.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda terapkan saat mengalami kebocoran pipa. Anda bisa mencari pipa PVC baru di Bagong Jaya dengan ukuran yang sesuai pada instalasi pipa di rumah Anda. Perbaiki kerusakan pipa segera, sebelum kebocoran menyebabkan kerusakan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.