Jenis Elbow Pipa yang Sesuai untuk Sistem Air Rumah Anda

Saluran air di rumah pastinya tidak melulu lurus. Ketika berada di sebuah sudut, pipa harus disambung dengan sudut yang sesuai.
Sambungan atau elbow pipa memiliki banyak ragam bentuk dan ukuran. Ada yang digunakan untuk menyesuaikan bentuk sudut ruangan, menyambung dua pipa atau lebih, dan lain sebagainya.
Agar bisa menyesuaikan dengan tepat sambungan dari sistem air, Anda harus tahu berbagai jenis elbow. Simak macam-macam elbow pipa dan berbagai bentuk dari jenis sambungan pipa PVC berikut!

  • Knee 45 Derajat
    Fitting yang satu ini bisa digunakan untuk menyambungkan dua pipa dengan sudut 45 derajat. Sambungan pipa ini akan efektif dalam membelokkan air dengan kemiringan 45. Sehingga saluran air akan terlihat lebih rapi.
  • Knee Drat Dalam
    Jenis sambungan air ini memiliki drat yang ada di dalamnya. Biasanya penggunaan sambungan ini untuk menyambungkan air dengan keran air.
  • Knee 90 Drajat
    Selain bentuk sudut 45 derajat, juga ada fitting dengan sudut 90 derajat. Sudut siku ini akan mengalirkan air ke kiri, ke kanan, bawah, atau atas.
  • Socket
    Bentuk dari elbow pipa PVC ini lurus dan digunakan untuk menyambungkan dua pipa air dengan ukuran dan jenis yang sama.
  • Valve Socket
    Jenis sambungan ini berupa socket dengan drat berada di bagian luar. Jenis sambungan ini bisa digunakan untuk menyambungkan ke jenis elbow drat dalam. Kemudian sisi lainnya disambungkan dengan pipa.
  • Faucet Socket
    Jenis sambungan ini memiliki drat bagian dalam dengan bentuk yang lurus. Satu bagian untuk menyambungkan pipa. Sedangkan untuk dratnya untuk menyambungkan keran atau pipa lain dengan sambungan drat luar.
  • T Socket
    Jenis elbow pipa T ini memiliki tiga lubang yang bisa digunakan untuk menyambungkan tiga pipa. Saluran air yang menggunakan ini biasanya untuk membagi satu aliran menjadi dua aliran.
  • Doubletree Socket
    Elbow pipa PVC ini seperti empat lubang yang bisa menyambungkan empat pipa sekaligus. Dari sambungan ini, saluran air bisa digunakan untuk membagi aliran air menjadi tiga cabang.
  • End Cap
    Sambungan jenis ini digunakan untuk menutup saluran air. Bentuknya seperti penutup yang sangat simpel.
  • Watermur Drat Dalam
    Sambungan ini digunakan untuk menyambungkan pipa menggunakan drat dalam. Penggunaan sambungan jenis ini akan mempermudah sambungan, sehingga tidak memerlukan lem pipa.
  • Water Mur Socket
    Seperti halnya water mur drat dalam, namun letak dratnya berada di bagian luar. Drat ini juga bisa menjadi pelengkap dari water mur drat dalam, sehingga sambungan lebih efektif.
  • Reducer Socket
    Sambungan ini memiliki lubang dengan ukuran yang berbeda antara kedua sisi. Fungsinya adalah untuk menghubungkan dua pipa yang memiliki ukuran berbeda.
  • Clamp Saddle
    Sambungan jenis ini tidak seperti jenis elbow pipa lainnya. Alat ini dipasangkan di bagian samping pipa yang akan menghubungkan antara pipa besar dan pipa yang lebih kecil. Bagian samping dari pipa tersebut harus dilubangi terlebih dahulu.
  • Cross PVC
    Model sambungan ini digunakan untuk menyambungkan empat pipa yang memiliki ukuran sama besar. Sambungan ini juga digunakan untuk membagi aliran ke tiga arah dengan tekanan yang sama besar.
  • Socket Flange
    Sambungan ini digunakan untuk menyambungkan pipa PVC dengan pipa logam yang lebih besar. Model sambungan ini memiliki baut yang digunakan untuk menyambungkan pipa besi. Sedangkan di sisi lainnya bisa langsung dihubungkan dengan pipa PVC.
    Itulah beberapa jenis elbow pipa yang bisa digunakan untuk sistem air di rumah Anda. Dapatkan setiap jenis sambungan yang Anda butuhkan hanya di Bagong Jaya. Di sini Anda akan menemukan sambungan berkualitas dan harga ekonomis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.