Kenali Elbow Pipa untuk Sistem Air Rumah Modern

Saluran air di rumah akan lebih rapi jika bisa mengikuti struktur rumah dengan tepat. Karena itulah dibutuhkan sebuah elbow pipa yang bisa menyesuaikan belokan ruangan. Jenis sambungan ini memiliki karakteristik dengan sudut tertentu, ada yang 45 dan 90 derajat.
Nah, apa sebenarnya elbow pipa tersebut? Kenali juga fungsi dan macam-macam elbow pipa berikut!

Apa itu Elbow Pipa?

Elbow pipa adalah komponen dalam sistem air yang digunakan untuk menyambungkan dua pipa atau lebih dan membelokkan saluran air. Secara gamblang, elbow ini memiliki bentuk yang melengkung dengan sudut tertentu, sama seperti namanya yang berarti siku.
Ada banyak jenis elbow yang bisa kita jumpai dalam suatu sistem air di rumah. Biasanya jenis dari elbow yang digunakan tersebut disesuaikan dengan struktur saluran air. Seperti menyesuaikan saluran air yang menggunakan pipa dengan sudut-sudut ruangan.
Tentunya ada banyak sekali hambatan dari saluran air tersebut. Karena itu dibutuhkan elbow pipa agar lebih mudah dalam pemasangan sistem saluran air tersebut.

Fungsi dari Elbow Pipa

Fungsi dari elbow pipa sangat beragam. Tidak hanya untuk menyesuaikan saluran pipa dengan ruangan saja. Melainkan juga untuk keamanan sambungan yang digunakan.
Nah, berikut ini beberapa fungsi dari elbow yang digunakan dalam sistem saluran air:Untuk penghubung pipa dengan sudut tertentu.
Fungsi ini menjadi fungsi utama dalam penggunaan elbow. Dengan fungsi ini, saluran air akan semakin mudah dipasang meski dengan banyaknya halangan.

Membuat sambungan lebih aman.

Fungsi elbow ini akan terlihat dari beberapa jenis sambungan yang memiliki drat di bagian dalam maupun luar. Drat tersebut tentunya akan membuat sambungan aman dan tidak akan bocor.

Memudahkan dalam pembagian saluran.

Beberapa elbow memiliki fungsi dalam membagi saluran air. Fungsi ini dibutuhkan untuk mengalirkan air atau fluida lainnya ke beberapa tempat yang berbeda.

Menyambungkan dua jenis pipa yang berbeda.

Beberapa jenis elbow juga digunakan untuk menghubungkan dua pipa yang berbeda. Misalnya antara pipa PVC dengan pipa besi.

Menyambungkan pipa dengan unit air lainnya.

Fungsi ini bisa dilihat pada penyambungan pipa dengan keran air. Adanya elbow ini sangat memudahkan dalam pemasangan kran air tersebut.

Menyambungkan pipa dengan ukuran yang berbeda.

Ada kalanya sistem saluran air di rumah membutuhkan sambungan dengan ukuran yang berbeda. Adanya elbow ini akan memudahkan dalam proses penyambungan tersebut.

Jenis-jenis Elbow Pipa

Ada banyak sekali jenis elbow yang digunakan dalam sistem air. Ada elbow yang dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan. Ada juga elbow yang dibedakan berdasarkan fungsinya.
Untuk jenis elbow berdasarkan bahan material yang digunakan adalah sebagai berikut:

Carbon steel.

Bahan ini merupakan bahan campuran antara baja, besi, dan sedikit kandungan karbon. Bahan ini banyak digunakan untuk sistem air.

Stainless steel.

Bahan ini berupa logam yang tahan karat. Bahan ini lebih banyak digunakan untuk sistem kendaraan.

Elbow pipa PVC.

Bahan ini sama dengan yang digunakan dalam pembuatan pipa PVC. Sekarang ini sistem saluran air lebih banyak yang menggunakan jenis bahan ini. Terutama untuk sistem air di rumah.

Untuk jenis elbow berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Elbow 45 derajat.
  • Elbow 90 derajat.
  • Faucet Elbow, elbow dengan drat dalam.
  • Elbow pipa T, sambungan dengan bentuk seperti huruf T.
    Ada banyak lagi jenis dari elbow yang berdasarkan fungsinya ini. Jenis dari elbow ini juga bisa dibedakan berdasarkan bentuknya. Karena setiap elbow dengan bentuk berbeda, pastinya memiliki fungsi yang juga berbeda.
    Itulah beberapa hal terkait dengan elbow pipa yang harus Anda tahu. Dapatkan semua bahan terbaik untuk sistem air di rumah Anda hanya di Bagong Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.