7 Bahan Bangunan Utama untuk Rumah Modern dan Minimalis

Rumah modern minimalis sekarang ini memerlukan bahan bangunan yang sedikit berbeda dengan kebanyakan desain rumah biasanya. Karakteristik dari rumah model ini lebih mementingkan fungsi dari bahan secara maksimal. Sehingga rumah akan lebih kuat, nyaman, dan memiliki desain yang efektif.
Nah, apa saja bahan bangunan rumah yang digunakan dalam pembuatan model konstruksi modern dan minimalis ini?

  • Pasir
    Bahan utama yang harus dipersiapkan dalam setiap membuat rumah tentunya adalah pasir. Namun, tidak semua jenis pasir bisa digunakan, Anda harus memilih kualitas pasir terbaik sehingga membuat struktur rumah lebih kokoh.
    Cara untuk memilih pasir yang baik adalah dengan mengepalkan pasir. Jika pasir menggumpal, maka kualitasnya kurang. Biasanya kualitas pasir ditentukan dari kandungan lumpur yang dimiliki. Kandungan lumpur terbaik ada di bawah 5%.
  • Besi Beton
    Materi bahan bangunan selanjutnya yang harus dimiliki adalah besi beton. Ada dua jenis besi beton yang digunakan, yaitu jenis ulir dan jenis biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memilih beton yang berulir, karena memiliki kekuatan yang sangat baik.
    Untuk ukuran besi beton pilihlah ukuran diameter antara 10 sampai 12 mm. Penggunaan besi beton ini untuk struktur bangunan. Mulai dari pondasi, dinding, dak, rangka atas, dan lain sebagainya.
  • Semen
    Bahan bangunan yang satu ini tidak bisa ditinggalkan, karena digunakan sebagai perekat konstruksi. Semen akan dicampurkan dengan pasir, batu kerikil, dan lain sebagainya.
    Banyak fungsi yang bisa digunakan untuk semen ini. Contoh bahan bangunan ini seperti pondasi, dinding, cor, merekatkan keramik, dan lain sebagainya.
    Dalam penggunaan semen Anda harus menyesuaikannya dengan perbandingan yang tepat. Perbandingan antara pasir, semen, dan air yang tepat menjadi kunci dari kekuatan struktur bangunan.
  • Bata
    Sekarang ini banyak sekali jenis batu bata yang digunakan. Ada yang berupa bata merah, bata putih atau hebel, bata beton, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki spesifikasi masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
    Fungsi bata yang paling utama adalah untuk membuat dinding. Semakin baik bata yang digunakan, semakin baik pula dalam membuat struktur bangunan lebih kuat, dan ketahannya terhadap air hujan.
  • Batu Kali
    Batu kali ini digunakan untuk struktur pondasi yang paling dasar. Dalam pembuatan pondasi, batu kali akan mampu menopang bangunan dengan sangat baik. Kualitas dari batu kali ini lebih baik dibandingkan dengan batu putih.
    Dalam membuat pondasi, ukuran batu kali menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pastikan ukuran batu kali memiliki ukuran yang seragam. Sehingga struktur pondasi akan jauh lebih rapi, dan memiliki kekuatan yang sangat baik.
  • Atap Gelombang
    Dalam pembuatan rumah dengan model modern dan minimalis, karakteristik atapnya biasanya menggunakan atap bergelombang. Atap ini memiliki banyak kelebihan, mulai dari strukturnya lebih kuat, sirkulasi udara lebih lancar, ringan, meredam suara, dan memantulkan panas.
    Ada banyak sekali jenis atap yang bergelombang. Anda bisa memilih genteng tanah liat, keramik, bitumen, PVC, dan lain sebagainya.
  • Pipa PVC
    Bahan bangunan yang satu ini digunakan untuk membangun saluran air. Pembuatan saluran air ini sangat penting untuk di awal pembangunan. Sehingga pemasangan akan lebih rapi.
    Gunakan pipa PVC untuk membangun saluran air tersebut. Pipa ini memiliki banyak kelebihan, mulai dari mudah dalam pemasangan, hingga kekuatan bahannya yang sangat baik.
    Itulah 7 bahan bangunan utama untuk pembuatan rumah modern dan minimalis. Dapatkan semua bahan tersebut hanya di Bagong Jaya. Di sini Anda akan mendapatkan bahan-bahan berkualitas dengan harga murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.