Kenali Perbedaan Pipa PVC dan HDPE

Bingung memilih pipa PVC atau HDPE? Kebingungan ini sering terjadi ketika sedang akan menginstalasi saluran air di rumah atau bangunan lainnya. Terkadang masih banyak yang bingung mengenai perbedaan keduanya dari sisi kegunaan, hingga harganya.
Secara umum perbedaan keduanya bisa dilihat dari sisi namanya yang menunjukkan bahan pembuatannya. Dimana Poli Vinyl Chloride merupakan plastik atau paralon, sedangkan High Density Polyethylene merupakan pengembangan PE yang lebih elastis.
Nah, penasaran apa itu bahan PVC dan HDPE, simak perbedaannya berikut!

  1. Perbedaan Bahan Antara PVC dan HDPE
    Seperti disebutkan sebelumnya bahan PVC terbuat dari polivinil yang biasa disebut paralon. Sedangkan untuk HDPE terbuat dari polietilen yang punya kerapatan plastik lebih tinggi.
    Dari perbedaan bahan ini PVC dianggap lebih kuat dan tidak berkarat. Sedangkan untuk HDPE bahannya lebih tahan terhadap bahan kimia.
  2. Perbedaan Kelenturan Antara PVC dan HDPE
    PVC lebih bersifat statis, artinya memiliki bahan yang sifatnya kaku dan kurang fleksibel dibandingkan dengan HDPE. Untuk mengatasi sifatnya yang kurang elastis, untuk menyambung PVC digunakan berbagai sambungan yang disesuaikan dengan ukuran pipa PVC dan kebutuhannya.
    Untuk HDPE memiliki elastisitas yang sangat baik. Sehingga untuk menyambungkannya sangat mudah. Anda cukup melebarkan atau mengecilkan ujung pipa untuk menyambungkannya. Jadi Anda tidak perlu adanya sambungan tambahan untuk pipa HDPE ini.
  1. Perbedaan Kekuatan atau Daya Tahan Antara PVC dan HDPE
    Pipa yang terbuat dari bahan PVC, khususnya yang berwarna putih memiliki kekuatan fisik yang sangat baik. Bahkan ketika terkena sinar matahari secara langsung, tetap bisa bertahan sangat lama.
    Namun, pipa jenis ini tidak tahan terhadap adanya lumut yang tumbuh. Adanya lumut ini akan membuat pipa menjadi lebih mudah lapuk dan getas.
    Karena itu terdapat pipa PVC yang berwarna putih. Jenis pipa abu-abu ini hampir sama dengan kekuatan pipa HDPE yang tahan terhadap lumut. Hanya saja, pipa abu-abu ini tidak cukup baik untuk menahan sinar UV.
    Sedangkan untuk pipa HDPE memiliki ketahanan fisik sangat baik. Pipa ini sangat tahan terhadap lumut dan juga sinar UV. Terkena lumut dan sinar UV dalam jangka waktu yang lama tidak akan membuatnya getas.
    Itulah mengapa HDPE sering digunakan untuk instalasi saluran air. Biasanya digunakan oleh PDAM atau saluran untuk air minum lainnya.
  2. Perbedaan dari Penggunaan Air Dingin dan Panas
    Pipa yang terbuat dari PVC memiliki fungsi yang sangat baik untuk mengalirkan air dingin. Jika digunakan untuk air panas, akan membuatnya mudah rusak, getas, dan bocor. Meski untuk pipa PVC 4 inchi sekalipun yang relatif tebal.
    Sedangkan untuk pipa HDPE jauh lebih baik ketahanannya terhadap suhu dingin maupun panas. Dari sisi ini, pipa HDPE akan lebih baik digunakan daripada pipa paralon.
  3. Perbedaan Harga Antara PVC dan HDPE
    Besarnya perbedaan harga pipa PVC dibanding dengan HDPE sekitar 30% sampai dengan 40%. Tentunya HDPE jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan PVC. Hal itu bisa dilihat dari berbagai kelebihan HDPE dibandingkan dengan PVC tersebut.
    Namun jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak PVC yang dibuat dengan teknologi terkini. Sehingga membuat PVC juga memiliki ketahanan yang hampir sepadan dengan HDPE.
    Mau pipa PVC atau HDPE dengan kualitas terbaik? Bagong Jaya sangat tahu apa yang Anda butuhkan untuk instalasi air di rumah. Kami menyediakan banyak jenis pipa dengan berbagai kualitas, dan tentunya harga yang sesuai.
    Itulah perbedaan pipa PVC dengan HDPE. Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Jadi, dapatkan pipa terbaik untuk PVC maupun HDPE di Bagong Jaya Sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.