Bagaimana Cara Membersihkan Pipa yang Tersumbat?

Saluran air yang mampet seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan. Apalagi ketika air menggenang semakin membuat terlihat kotor. Namun Anda tak perlu khawatir, untuk membersihkan pipa PVC saluran air yang tersumbat ternyata sangat mudah.
Anda bahkan bisa mengatasinya sendiri jika waktu tersumbatnya belum terlalu lama. Nah, bagaimana caranya membersihkan pipa saluran air yang tersumbat?

  1. Dengan Tali
    Cara pertama ini digunakan untuk mengangkat kotoran dari dasar ujung bawah pipa. Caranya yaitu dengan membuat gulungan plastik yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran pipa PVC. Setelah itu ikatkan dengan tali, dan masukkan ke bagian bawah pipa diikuti dengan aliran air.
    Tarik sedikit demi sedikit tali tersebut secara perlahan. Maka, beberapa kotoran akan ikut terangkat menggunakan tali ini.
  2. Dengan Soda Api
    Soda api merupakan zat yang bisa membuat kotoran luruh. Namun, Anda harus hati-hati ketika menggunakannya. Karena bisa membuat tangan Anda juga terkena zat yang bisa membuat tangan gatal.
    Caranya adalah dengan melarutkan soda api dengan air panas. Larutan tersebut kemudian masukkan ke dalam saluran air yang tersumbat. Tunggulah sekitar 5 sampai 6 jam, maka pipa yang tersumbat akan segera normal kembali.
  3. Dengan Pasir Kasar
    Pasir kasar juga bisa digunakan untuk meluruhkan sumbatan pada pipa yang tersumbat. Caranya sangat mudah dan cepat. Cukup dengan memasukkan pasir kasar sekitar dua genggaman tangan, kemudian masukkan kompresor ke dalamnya.
    Dengan cara ini, maka kotoran akan terangkat, sehingga sumbatan akan hilang.
  4. Dengan Baking Soda dan Cuka
    Cara yang satu ini juga hampir sama dengan penggunaan soda api. Campuran antara baking soda dan cuka akan membuat kotoran terkorosi, sehingga membuatnya mudah hancur mengikuti aliran air.
    Caranya juga hampir sama, yaitu dengan menggunakan air panas sebagai pelarut. Tuangkan larutan soda api dan cuka tersebut ke dalam pipa. Maka, hasilnya kotoran akan hancur dan sumbatan akan hilang dengan sendirinya.
  1. Dengan Bahan Kimia
    Banyak juga yang menawarkan bahan kimia untuk menghilangkan sumbatan pada pipa paralon. Anda harus mengikuti aturan pakainya dengan hati-hati. Karena bahan ini sangat berbahaya untuk kesehatan.
  2. Dengan Garam
    Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat. Cara ini sangat mudah dilakukan dan aman.
    Penggunaan garam juga bisa digunakan untuk membersihkan pipa secara rutin. Caranya adalah dengan menuangkan garam dengan larutan air. Campurkan sedikit baking soda, dan masukkan ke dalam saluran pipa.
    Untuk membersihkannya, masukkan air panas. Dengan cara ini, pipa akan terhindar dari kotoran yang menyumbat.
  3. Dengan Sabun Cuci
    Penggunaan sabun cuci ini juga bisa menjadi solusi mengatasi pipa yang tersumbat. Namun, kotoran yang bisa dihilangkan adalah yang memiliki kandungan minyak.
    Caranya sangat mudah, tinggal campurkan sabun dengan air panas. Kemudian masukkan larutan tersebut ke dalam pipa yang tersumbat. Maka, kotoran yang menyumbat, terutama kotoran dari bahan minyak bisa segera hilang.
    Sebenarnya sangat mudah untuk menghindari adanya sumbatan ketika Anda berhati-hati. Selain itu, pipa dengan ukuran besar biasanya akan sulit tersumbat, misalnya pipa PVC 4 inchi. Jika tersumbat, itu terjadi karena kelalaian kita sendiri.
    Untuk mendapatkan harga pipa PVC terbaik yang tahan lama Bagong Jaya adalah tempatnya. Kami menyediakan pipa dengan kualitas terbaik yang tentunya akan memudahkan Anda dalam membersihkannya, dan menjaga air tetap selalu lancar.
    Itulah cara membersihkan pipa saluran air yang tersumbat. Anda bisa menanganinya sendiri dengan segera jika pipa PVC untuk saluran air di rumah tersumbat. Dapatkan juga solusi pipa saluran air terbaik di Bagong Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.