Benarkah Pipa Pvc Tanpa Timbal itu Mahal?

Sekarang ini kesadaran masyarakat industri terhadap kesehatan semakin tinggi, salah satunya dengan pembuatan produk pipa PVC tanpa timbal. Dalam pembuatan pipa jenis ini, timbal digunakan sebagai bahan aditif untuk memudahkan proses produksi. Padahal, timbal sendiri merupakan zat logam yang berbahaya untuk kesehatan.
Pertanyaannya, apakah harga pipa PVC tanpa timbal ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan PVC biasa? Memang selama ini, tidak ada kasus keracunan akibat penggunaan pipa PVC. Meski demikian, zat ini tetaplah sangat berbahaya untuk kesehatan para pekerja.
Nah, bagaimana penjelasan mengenai pipa PVC tanpa timbal ini, dan apa yang menyebabkan perbedaan harga dari setiap jenis pipa?

Proses Pembuatan Pipa PVC

Proses pembuatan pipa PVC sebenarnya sangatlah sensitif terhadap panas. Karena memang bahannya berupa plastik yang pastinya mudah meleleh pada suhu tertentu. Nah, untuk membuat pipa PVC ini dibutuhkan suatu stabilizer yang digunakan untuk pembuatan tersebut, yaitu zat aditif berupa timbal.
Timbal sendiri merupakan zat aditif yang sangat berbahaya terhadap manusia. Hanya saja pada kenyataannya, pada proses pembuatan pipa PVC ini setelah produksi selesai, timbal juga akan menguap dan hilang. Jadi, pipa PVC yang ada di konsumen sebenarnya tidak mengandung timbal sama sekali.
Hanya saja, bahaya dari penggunaan timbal ini berbahaya pada saat proses produksi. Yaitu para pekerja yang membuat pipa tersebut. Para pekerja ini bisa saja terkena kontaminasi dari timbal saat bekerja.
Namun sekarang ini proses pembuatan PVC ini sudah tidak menggunakan timbal. Teknologi yang berkembang sangat pesat, membuat proses produksi pipa tanpa timbal ini bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga sekarang ini proses pembuatan pipa PVC sudah banyak yang tidak menggunakan timbal.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas dan Harga Pipa PVC

Proses pembuatan PVC menggunakan timbal atau tidak sebenarnya bukan menjadi faktor dalam menentukan harga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga suatu pipa lebih mahal atau lebih murah.
Nah, berikut beberapa hal yang menyebabkan mahal atau tidaknya kualitas dan harga pipa PVC!

  1. Bahan yang Digunakan
    Faktor yang mempengaruhi harga dan kualitas PVC yang pertama tentunya dipengaruhi oleh bahan baku yang digunakan. Pipa yang kuat dan juga tahan terhadap suhu yang tinggi tentunya memiliki harga lebih mahal.
  2. Ketebalan Pipa
    Ukuran dari sebuah pipa akan berpengaruh terhadap harganya. Dimana ukuran pipa yang besar tentunya memiliki ketebalan yang lebih besar. Contohnya ukuran pipa PVC 4 inchi itu lebih tebal dari ukuran dari ukuran 2 inchi.
  3. Kualitas dari Pipa
    Kualitas dari sebuah pipa biasanya juga dipengaruhi dari kualitas brand yang membuatnya. Meski sebenarnya untuk membedakan kualitas pipa dari beberapa brand ini sangat sulit. Seperti beberapa brand yang menawarkan pipa PVC, Rucika, Intilon, Wavin, dan lain sebagainya.
    Setiap brand memiliki masing-masing kualitas, dan juga harga yang berbeda-beda. Meski harganya tidak terlalu berbeda jauh, terkadang kualitas dari ukuran pipa PVC yang sama juga tidak jauh berbeda.
    Untuk mendapatkan pipa PVC terbaik tanpa timbal, Bagong Jaya menjadi salah satu tempat terbaiknya. Kami menyediakan semua jenis PVC dari berbagai kualitas. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan semua jenis kualitas tersebut dengan harga terbaik.
    Itulah ulasan terkait pipa PVC tanpa timbal. Bahan timbal ini ternyata tidak berpengaruh pada harga dan kualitas pipa air. Untuk mendapatkan pipa saluran air terbaik atau untuk instalasi listrik berkualitas, dapatkan semuanya di Bagong Jaya sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.