Tips Posisi Pipa Air yang Tepat untuk Bangunan Sekolah

Memasang pipa mungkin terlihat sederhana tetapi ada banyak ilmu yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu. Instalasi pipa PVC bisa mengganggu konstruksi secara keseluruhan terutama pada unsur estetika. Untuk Anda yang hendak membangun sekolah, berikut ada beberapa tips instalasi pipa:

  1. Perhatikan Air Bersih
    Hal pertama dalam instalasi pipa PVC adalah peletakan pompa atau sumber utama air bersih. Inilah nantinya akan menjadi sumber utama dari seluruh kebutuhan air di bangunan sekolah.
    Tentukan terlebih dahulu jenis sumber air yang akan Anda pakai baik itu berasal dari PAM atau dari sumur di sekitar bangunan.
    Sumber air bersih akan menentukan bagaimana denah pipa bangunan secara keseluruhan.
  2. Peletakan di Dalam Tembok
    Ada beberapa hal penting ketika meletakkan pipa di dalam tembok untuk instalasi bangunan. Jika nantinya pipa akan diletakkan melewati kolom beton atau pelat dak, maka pipa harus Anda pasang terlebih dulu sebelum melakukan pengecoran.
    Instalasi pipa untuk bagian biasa seperti batu bata sebaiknya dikerjakan setelah memasang bata tetapi sebelum pengacian.
    Pipa yang tertanam dalam tembok tidak akan mengganggu dari segi keindahan serta lebih aman dari kerusakan. Jenis pipa dalam tembok ini lebih cocok untuk aliran air bersih seperti untuk kamar mandi ataupun tempat cuci tangan.
  1. Peletakan di Luar Tembok
    Selain peletakan pipa di dalam tembok, Anda juga bisa meletakkan pipa pada bagian luar tembok. Hal ini cocok untuk pembuatan pipa saluran air hujan misalnya yang tidak memerlukan terlalu banyak instalasi.
    Anda bisa menggunakan pipa PVC 3 inch agar tidak mudah tersumbat oleh kotoran. Pemasangan pipa ini bisa Anda kerjakan setelah menuntaskan pembuatan tembok hingga plesteran.
  2. Perhatikan Pipa dan Saniter di Kamar Mandi
    Adapun hal yang tidak boleh terlewatkan dari instalasi pipa adalah bagian kamar mandi yang sedikit lebih rumit. Anda perlu memberi perhatian lebih pada pipa untuk pembuangan terutama bagian saniter.
    Kesalahan sedikit saja bisa membuat pipa lebih mudah tersumbat, air berjalan berlawanan, hingga kebocoran. Pada bagian ini, sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu bagaimana peletakan pipa di bagian saniter.
  3. Hindari Percabangan Berlebih pada Aliran Air Kotor
    Instalasi jaringan air kotor memerlukan perencanaan dengan tidak memakai terlalu banyak percabangan dan menggunakan ukuran pipa PVC yang pas. Pipa kotor juga tidak boleh terlalu sering berkelok karena ini akan mudah menyimpan kotoran yang memicu sumbatan.
    Pipa yang bercabang dan berkelok bisa membuat kotoran seperti rambut tersangkut kemudian menahan bahan lain dan memicu sumbatan. Pada pembuangan bekas cuci piring, sebaiknya juga lebih diperhatikan mengingat seringnya sisa makanan terbawa air.
    Cermati sambungan pipa terkait aliran air kotor, karena kebocoran sedikit saja bisa menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu, pada lubang pembuangan sebaiknya Anda memasang filter atau saringan supaya kotoran tidak masuk ke saluran pipa.
    Instalasi pipa memerlukan ketelitian terutama dalam mengatur letak serta ketinggian posisi pipa. Anda juga harus menggunakan pipa yang berkualitas agar pipa tidak mudah rusak dan lebih mudah dalam perawatan.
    Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pipa PVC terbaik dengan berbagai ukuran di Bagong Jaya. Kami telah berpengalaman menyediakan berbagai jenis pipa untuk instalasi rumah, sekolah, hingga perkantoran.
    Tidak perlu khawatir untuk membeli pipa PVC terbaik karena pipa dari kami bisa Anda gunakan hingga puluhan tahun. Selain itu, kami juga menawarkan harga terbaik yang bisa Anda dapatkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.