Tips Memposisikan Pipa saat Membangun Rumah Agar Tidak Bocor

Membangun sebuah rumah memerlukan dedikasi besar termasuk dalam perencanaan hingga pembangunan. Satu hal penting dalam perencanaan yaitu terkait dengan posisi pipa pvc baik dalam tembok atau lantai. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat meletakkan pipa, berikut ulasannya!

  1. Perhatikan Kemiringan
    Ketinggian dan kemiringan adalah hal paling utama dalam instalasi pipa mengingat ini akan menentukan aliran air. Sebuah pipa ketinggiannya harus benar-benar Anda perhatikan supaya nanti air bisa mengalir sesuai dengan keinginan.
    Pipa PVC adalah tipe pipa yang mengandalkan ketinggian tempat untuk mengalirnya air baik itu bersih atau kotor. Sebaiknya ketika membangun instalasi Anda perlu cek dengan cermat, bahkan coba terlebih dulu apakah air dalam pipa sudah mengalir dengan benar.
  2. Letakkan Valve di Tempat Terjangkau
    Melakukan instalasi pipa memerlukan perhatian lebih pada komponen utama terutama untuk bagian valve utama jaringan. Beberapa orang akan meletakkan valve ini di bagian luar rumah supaya tidak mengganggu area rumah.
    Peletakan valve juga tidak boleh hanya satu untuk pipa utama saja, tetapi sebaiknya juga untuk saluran lateral. Ini penting terutama untuk melakukan pembersihan pada beberapa bagian pipa dan juga memudahkan saat ada kerusakan.
    Jika Anda memiliki area rumah yang luas dengan saluran pipa cukup banyak, maka akan ada lebih banyak valve nantinya.
  1. Perhatikan Instalasi dalam Tembok
    Satu hal yang pasti saat memasang pipa di rumah adalah peletakannya yang harus di dalam tembok. Hal ini memang sebuah hal wajar apalagi jika rumah tersebut merupakan rumah dengan dua lantai.
    Peletakan pipa di dalam tembok berguna agar pipa tidak mengganggu interior sehingga rumah tetap terlihat cantik.
    Anda harus benar-benar memperhatikan peletakan pipa di dalam tembok ini karena sangat rawan kebocoran. Pipa sebaiknya Anda pasang di bagian tembok rumah yang jauh dari bagian terpenting rumah seperti ruang tamu misalnya.
    Hal ini mengingat adanya kemungkinan pemasangan dekorasi dengan paku yang dapat melubangi pipa nantinya. Selain itu, pipa di dalam tembok juga beresiko mengeluarkan suara yang seringkali cukup mengganggu.
  2. Gunakan Ukuran yang Tepat
    Tips selanjutnya yaitu penggunaan ukuran pipa PVC yang tepat di berbagai area berbeda. Misalnya saja ukuran pada pipa pembuangan dari kloset tentu akan berbeda dengan pipa air mengalir.
    Anda perlu memperhatikan ukuran pipa untuk pembuangan mengingat nantinya ada kemungkinan tersumbat. Ukuran pipa pada bagian pencuci piring juga penting untuk Anda beri perhatian lebih.
  3. Pakai Isolasi Khusus Pipa
    Meskipun menggunakan pipa PVC terbaik, Anda tetap tidak boleh melupakan penggunaan isolasi khusus pipa. Sambungan antar pipa adalah alasan utama kebocoran terjadi pada berbagai instalasi jadi perhatikan hal ini.
    Isolasi khusus ini akan membuat setiap sambungannya menjadi lebih rekat sekaligus mencegah terjadinya kebocoran. Anda bisa melilitkan pipa terlebih dulu dengan isolasi ini kemudian baru lakukan penyambungan dengan pipa yang lain.
    Membangun sebuah rumah baru tidak akan pernah terlepas dari kebutuhan akan pipa untuk berbagai keperluan. Instalasi aliran air baik air bersih, kotor, hingga air hujan akan selalu memerlukan pipa sebagai tempat utama aliran.
    Akan jauh lebih baik jika menggunakan pipa PVC berkualitas untuk segala instalasi dalam rumah. Bagong Jaya bisa membantu Anda mendapatkan pipa terbaik yang bebas pecah dan tahan hingga puluhan tahun untuk rumah Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.