Kenali Bentuk-Bentuk Penghubung Pipa Agar Tidak Keliru

Untuk instalasi air di rumah membutuhkan banyak jenis penghubung pipa agar penataan bisa rapi. Bentuk-bentuk dari sambungan tersebut akan disesuaikan dengan alur dari instalasi air yang digunakan. Pipa PVC memiliki banyak sambungan yang bisa menyesuaikan kebutuhan.
Simak apa saja bentuk sambungan pipa PVC yang harus Anda gunakan agar pemasangan lebih rapi, dan Anda tidak keliru membeli!

  1. Tee Stuck
    Bentuk sambungan pipa yang satu ini seperti huruf T. Fungsinya untuk menghubungkan pipa dari saluran utama, kemudian dibagi menjadi dua, kanan dan kiri. Atau bisa juga ke bawah dan ke samping.
    Banyak ukuran pipa PVC yang disediakan untuk sambungan ini. Anda tinggal menyesuaikannya dengan ukuran pipa. Namun, sambungan ini harus menggunakan ukuran pipa yang sama besar.
  2. Cross
    Bentuk dari sambungan ini seperti tanda plus atau tambah. Sambungan ini bisa digunakan untuk membagi saluran menjadi tiga. Ke kanan, kiri, dan ke bawah.
    Sambungan pipa seperti ini juga harus disesuaikan dengan ukuran pipa. Agar sambungan lebih kuat, Anda perlu menggunakan lem, sehingga tidak bocor.
  3. Elbow
    Seperti layaknya siku, penghubung pipa ini digunakan untuk sambungan yang berbelok dengan sudut 90 derajat dan sudut 45 derajat. Anda bisa menyesuaikan sudut mana yang sesuai dengan kebutuhan.
    Biasanya sambungan ini digunakan untuk membelokkan pipa yang sudah berada di sudut ruangan. Tentunya adanya sambungan ini akan lebih mempermudah instalasi pipa air agar terlihat lebih rapi.
  4. Socket
    Penghubung ini digunakan untuk menghubungkan dua pipa yang ukurannya sama. Biasanya socket dibutuhkan untuk menambah panjang pipa. Sehingga bisa menjangkau area yang lebih jauh.
    Dengan sambungan ini, Anda tidak akan kesulitan jika ingin menyambung pipa. Jenis sambungan ini tersedia dalam dua tipe, yaitu socket yang bisa dipasangkan di dalam atau di luar dan kombinasi antara keduanya.
  1. Reducer
    Seperti halnya socket, penghubung yang satu ini juga digunakan untuk memanjangkan pipa untuk area yang lebih jauh.
    Hanya saja, jika socket membutuhkan dua pipa dengan ukuran yang sama, reducer untuk dua pipa dengan ukuran yang berbeda. Ini artinya, sebuah pipa PVC kecil, dan satu pipa besar.
    Jenis sambungan ini juga ada dua tipe. Dimana Anda bisa menyambungkan pipa dari dalam penghubung atau dari luar.
  2. Nipple
    Penghubung pipa PVC yang satu ini digunakan untuk menghubungkan pipa dengan kran air. Di dua ujung sambungan ada drat untuk mencegah adanya kebocoran air.
  3. Water Mur
    Sambungan jenis ini fungsinya sama dengan socket maupun reducer. Hanya saja, pada bagian ujungnya terdapat drat dan pengunci. Sehingga sambungan akan jauh lebih kuat, dan tanpa harus menggunakan lem.
  4. P-Trap Adapter
    Sambungan yang satu ini digunakan untuk posisi yang sempit dengan area yang tak beraturan. Dengan sambungan ini, pipa saluran air Anda akan bisa lebih tertata, dan lebih mudah menyambungkan dua pipa dengan posisi yang sulit.
  5. Cap
    Cap sebenarnya tidak digunakan untuk menyambung pipa. Benda ini dibutuhkan untuk menutup ujung pipa atau untuk menyumpal pipa.
    Ada dua jenis cap yang bisa Anda gunakan, yaitu cap jenis socket yang digunakan dengan lem, dan cap jenis drat yang bisa digunakan tanpa harus dengan lem.
    Itulah jenis-jenis penghubung pipa yang harus Anda tahu. Dapatkan semua jenis sambungan pipa tersebut di Bagong Jaya dengan kualitas dan harga pipa PVC paling terjangkau. Jadi, pilih penghubung Pipa PVC terbaik yang Anda butuhkan sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.