Tips Memilih Talang Air untuk Rumah Anti Bocor

Jangan salah pilih talang air yang malah akan membuat rumah bocor, cepat rusak, dan tidak sesuai dengan desain. Salah satu yang terbaik adalah talang PVC yang punya banyak kelebihan. Mulai dari daya tahan yang lama, anti bocor, ringan, dan tentunya harganya murah.

Karena itu, jangan terburu-buru untuk membeli talang air. Kenali dulu berbagai jenis material talang air, berapa ukurannya, dan lain sebagainya. Simak tips memilih talang air untuk rumah anti bocor berikut!

Sesuaikan Talang Air dengan Desain Rumah

Jangan buru-buru untuk membeli talang air. Pastikan dulu jenis, tipe, dan kesesuaian talang air yang sesuai dengan desain rumah. Anda juga harus memikirkan ketersediaan dana, sehingga bisa menentukan talang air yang tepat untuk rumah.

Talang PVC semakin banyak dipilih karena memiliki bahan yang ringan dan anti bocor. Selain itu, harga talang air termurah adalah talang air dari PVC ini. Apalagi sekarang ini sudah banyak model dan bentuk yang disediakan, sehingga semakin mudah untuk memilih talang PVC.

Sesuaikan Ukuran Talang Air

Ukuran talang air yang tepat untuk pemasangan di rumah biasanya menggunakan talang dengan diameter minimal 3 inci. Talang kemudian bisa diteruskan dengan talang yang disusun secara horizontal dengan kemiringan sekitar 0,5% sampai 1%.

Jika Anda sudah mengetahui berapa besar kapasitas air, maka ukuran talang PVC atau talang air lainnya bisa disesuaikan tergantung dari diameternya.

Untuk ukuran 3 inci bisa menampung aliran mencapai 255 liter/menit, 4 inci untuk volume 547 liter/menit, 5 inci untuk volume 990 liter/menit, 6 inci untuk volume 1610 liter/menit, dan 8 inci untuk volume 3470 liter/menit.

Menentukan Tipe Talang Air

Setelah menentukan kesesuaian talang air dan ukurannya, Anda perlu tahu apa saja bentuk atau tipe talang air yang bisa digunakan. Umumnya ada 3 tipe talang air, yaitu:

  • Tipe K Style

Talang ini memiliki bentuk yang cantik, ada variasi pada bagian sisi jauhnya, sehingga lebih terlihat memenuhi unsur dekorasi yang unik. Sekarang ini, banyak rumah tipe modern menggunakan talang jenis ini.

  • Tipe Victorian Ogee

Tipe yang satu ini cenderung berbentuk layaknya talang yang sisi-sisinya diagonal. Model talang ini cocok untuk rumah-rumah yang bergaya klasik.

  • Tipe Setengah Lingkaran

Bentuk talang ini terlihat lebih simpel dan bisa disesuaikan dengan segala model rumah. Kelebihannya, talang ini mudah dibersihkan dan pengaplikasiannya juga sangat mudah.

Tentukan Material Talang Air

Tips terakhir adalah menentukan material yang sesuai dengan kebutuhan. Umumnya ada tiga material talang air yang digunakan. Yaitu:

  • Talang PVC

Harga talang air plastik ini yang paling murah. Namun, dengan bahan plastik tersebut, sangat cocok dipasang untuk musim hujan. Karena bahannya tidak korosi, ringan, mudah dipasang, dan juga awet.

  • Talang Aluminum

Bahan dari alumunium juga ringan, tidak korosi, dan mudah dipasang. Namun harga talang ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan talang PVC.

  • Talang Galvanized Steel

Talang ini adalah yang paling kuat dan punya ketahanan yang paling lama dari jenis talang air lainnya. Hanya saja, jika terjadi kerusakan akan mudah terkena korosi. Harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Dapatkan talang PVC terbaik di Bagong Jaya. Disini Anda bisa memilih berbagai jenis dan tipe talang air sesuai keinginan. Selain punya daya tahan yang tinggi, juga harganya sangat terjangkau.

Itulah tips memilih talang air untuk rumah agar tidak bocor. Tentunya rekomendasi terbaik adalah talang PVC yang sudah terbukti kualitasnya. Jadi, tentukan pilihan Anda sekarang juga di Bagong Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.