5 Rahasia Fungsi Talang PVC Selain Menampung Air

Talang PVC umumnya digunakan untuk menampung dan mengalirkan air hujan dari atap rumah ke tempat tertentu. Misalnya, saluran pembuangan air atau tempat lainnya. Tujuannya adalah agar air tidak kemana-mana dan sesuai pada jalurnya.

Namun, kegunaan talang air ini bukan hanya itu saja. Ada 5 kegunaan lainnya yang akan kami jelaskan kepada Anda.

  • Hidroponik

Siapa yang tidak mengenal hidroponik? Anda juga mungkin pernah melihatnya. Hidroponik bisa dibuat dengan talang air PVC, lho! Membuat hidroponik dari talang air kotak memang sedikit lebih rumit, tetapi hidroponik menggunakan talang seperti ini memiliki beberapa keunggulan.

Dari segi perawatan tanaman, hidroponik dari talang air lebih mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu membuka tempat tanaman tanpa membongkar seluruh instalasi. Misalnya, ketika mengecek akar dan membersihkan lumut.

Talang persegi juga bisa memberikan sirkulasi oksigen lebih baik. Nutrisi untuk tanaman pun juga lebih tersebar merata. Perkembangan akar juga lebih baik jika menggunakan talang air untuk hidroponik.

  • Tempat Pakan Ternak

Untuk memberi makan hewan ternak, Anda bisa menggunakan talang air. Terlebih, jika hewan ternak yang Anda miliki berjumlah banyak. Penggunaan talang air untuk tempat pakan tentu akan mempermudah Anda.

Dengan tempat pakan seperti ini, seluruh hewan ternak Anda akan mendapatkan makanan secara merata. Anda dapat menggunakan talang PVC 20cm atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Tempat pakan dari talang lebih mudah dan murah pemasangannya. Walau begitu, Anda perlu mengisinya secara teratur karena ini bersifat manual. Anda juga perlu membersihkannya sendiri tiap hari.

  • Filter Akuarium

Agar akuarium senantiasa bersih airnya, Anda perlu filter. Dengan adanya alat ini, ikan akan lebih sehat karena airnya bersih. Ikan yang hidup di air kotor tentu lebih mudah terserang penyakit.

Filter untuk aquarium juga bisa dibuat dengan talang air PVC dan membuatnya pun tidak terlalu sulit. Anda tentu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Setidaknya ada tiga bagian yang membentuk filter talang untuk akuarium. Yaitu filter mekanik, filter biologi, dan filter kimiawi. Setiap bagian filter ini dapat dipisahkan dengan talang yang dipotong.

Filter mekanik biasanya berisi kapas, japmat, maupun busa. Setelah itu, ada filter biologi yang berisi media biologi dan bakteri starter. Terakhir, filter kimiawi yang berisi arang aktif maupun batu zeolit.

Ukuran talang PVC yang digunakan dapat disesuaikan dengan akuarium Anda. Filter ini nantinya bisa ditaruh di atas akuarium.

  • Pot Gantung

Menanam tanaman di pot gantung bisa memberi estetika tersendiri. Pasalnya Anda akan melihat pemandangan tanaman kecil di atas, bukan di tanah. Nuansa hijau seperti ini bagus untuk menyejukkan mata.

Talang air berbahan PVC sangat bagus untuk membuat pot gantung. Bahan PVC tidak mudah berkarat serta tahan lama. Cocok untuk menanam tanaman yang melibatkan pengairan.

Anda akan membutuhkan kabel besi untuk menggantung pot talang air. Siapkan juga tanah untuk menanam tanaman Anda dan jangan lupa juga, tanaman itu sendiri berupa benih atau tanaman jadi.

  • Hiasan

Semua orang ingin ingin rumah mereka terlihat estetik dan menarik. Penggunaan talang air bisa membuat rumah Anda terlihat indah. Bentuk talang air yang berbeda memberikan gaya yang berbeda pula.

Selain dipakai langsung, Anda juga bisa membuat hiasan dari talang air PVC. Hiasan yang paling umum berbentuk lampu, misalnya berupa lampu kecil untuk dekorasi di dalam maupun luar ruangan.

Penutup

Ternyata, talang air berbahan PVC punya banyak kegunaan selain penampung air hujan. Dengan kreativitas, Anda mungkin bisa menemukan pemanfaatan yang lebih banyak lagi.

Jika Anda butuh talang air, Bagong Jaya siap menyediakan untuk Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang pelayanan, harga, dan faktor lainnya.

Kami merupakan spesialis dalam hal pipa dan talang PVC. Berpengalaman sejak 2002, kami siap untuk diandalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.