Cara Memilih Ukuran Kabel Duct Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Kabel duct biasa ditemukan dalam instalasi listrik di rumah. Ini juga bisa disebut dak kabel. Rumah Anda mungkin juga memilikinya.

Fungsi kabel duct biasanya untuk merapikan kabel yang berantakan. Selain itu, menemukan penyebab kerusakan pada instalasi listrik akan lebih mudah saat ada masalah.

Perhatikan ukuran kabel duct jika Anda ingin memasangnya. Berikut cara memilih ukuran dak kabel dari kami.

  • Ketahui Tujuan Penggunaan

Dak kabel memang digunakan untuk merapikan kabel yang berantakan, tetapi, yang dimaksud di sini adalah untuk apa dan di mana akan dipasang.

Pemasangan untuk merapikan kabel komponen komputer tentu butuh ukuran yang berbeda dengan kabel lainnya. Ukuran dak kabel untuk kabel komputer yang berukuran kecil biasanya lebih kecil pula. Kecuali jika kabelnya sangat banyak. Selain kegunaan, perhatikan pula tempat pemasangannya.

Tempat yang sempit perlu penyesuaian agar ukuran dak kabel tidak terlalu besar. Jika dak kabel yang Anda beli terlalu besar tentu akan memboroskan biaya. Ini membuat Anda harus membeli dak kabel baru yang ukurannya lebih sesuai dengan tempat yang tersedia.

Sebaliknya, tempat yang luas dan terbuka dapat dipasang dak kabel dengan ukuran lebih besar. Selain berpengaruh pada ukuran, tempat pemasangan juga mempengaruhi bentuk dak kabel yang perlu digunakan.

Misalnya, jika Anda ingin memasangnya di atas lantai, perlu digunakan dak kabel berbentuk lengkung. Tujuannya agar tidak menyebabkan orang tersandung saat melintasinya. Namun jika pemasangan dilakukan di tempat lainnya, Anda bisa menggunakan bentuk kotak.

  • Ketahui Ukuran Kabel

Ukuran kabel yang berbeda membutuhkan dak kabel yang berbeda pula. Kabel yang lebih besar butuh dak kabel yang ukurannya lebih besar, begitupun sebaliknya.

Untuk ukuran kabel yang terpasang di rumah umumnya sebagai berikut:

  1. 1×1,5 mm
  2. 1×2,5 mm
  3. 2x 2,5 mm
  4. 3×2,5 mm

Anda mungkin penasaran terkait ukuran di atas. Pada contoh 3×2,5 mm, angka 3 adalah banyaknya kabel dalam pembungkus. Sedangkan 2,5 mm adalah luas penampang masing-masing kabel di dalamnya.

Pada berbagai kabel listrik yang ada di rumah, ukuran tersebut biasanya sudah tertulis. Anda dapat membacanya untuk mempertimbangkan ukuran dak kabel nantinya.

Jika ingin ukuran yang lebih akurat, Anda dapat mengukur sendiri diameter luar kabelnya. Ini tentu membutuhkan alat seperti jangka sorong agar lebih akurat.

Atau, jika tidak mau repot mengukur diameter luar kabel, Anda juga bisa tanyakan pada penjualnya.

Selain diameter kabel, panjang kabel tentu berpengaruh sehingga tidak boleh terlewat. Anda juga perlu mempertimbangkan panjang kabel yang akan ditutup dengan dak kabel.

  • Perhitungkan Jumlah Kabel

Selain ukuran, jumlah kabel juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih ukuran dak kabel. Umumnya, semakin banyak kabel yang digunakan, semakin besar dak kabel yang dibutuhkan. Begitu pula sebaliknya.

Membeli dak kabel yang terlalu kecil akan menyebabkan pemborosan dana. Di sisi lain, membeli dak kabel yang terlalu besar akan memboros ruang. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhitungkan semua terlebih dahulu.

Penutup

Memilih ukuran dak kabel tidak bisa sembarangan. Terlalu kecil maupun terlalu besar akan merugikan Anda. Kabel duct dinding serta yang terpasang di lantai juga berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu merencanakan dan menghitung di awal.

Jika Anda butuh dak kabel, Bagong Jaya siap hadir untuk Anda. Kami merupakan distributor bahan bngunan spesialis yang mengutamakan pelayanan.

Membeli kabel duct di Bagong Jaya tidak perlu khawatir akan harga maupun kualitas. Anda bisa percayakan pada kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.