Kenali Pentingnya Penggunaan Kabel Duct untuk Pembangunan

Apa sih fungsi kabel duct? Tentu, pertanyaan yang sering muncul bagi kebanyakan orang, terutama yang baru pertama mendengar istilah tersebut.

Perlu Anda tahu, kabel ini umumnya lebih populer dengan nama dak kabel atau kabel dak.

Apa itu Kabel Duct?

Di bidang instalasi listrik dalam konstruksi bangunan, peranannya sangat penting, terutama dalam instalasi kelistrikan di bangunan. Pasalnya, kabel duct adalah salah satu komponen dalam instalasi kelistrikan yang berbahan PVC maupun besi dengan penutup clip on.

Dari segi penggunaannya, dak kabel biasanya terpasang di bagian bawah permukaan tanah. Untuk proses instalasinya sendiri, harus diletakkan di dalam pipa-pipa di bawah permukaan tanah.

Lantas, apa saja peran dari kabel ini? Bagaimana kinerja dan manfaat dari adanya kabel ini pada bidang konstruksi bangunan? Simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi Kabel Duct dalam Konstruksi Bangunan

Ada beberapa manfaat akan pentingnya penggunaan kabel dak atau kabel konduit dalam bidang pembangunan konstruksi. Ini dia daftar fungsinya.

  • Melindungi dan Merapikan Kabel Listrik

Sebagai penghubung jalur arus lalu lintas listrik di sebuah bangunan, tentu peran dari duct kabel ini penting sebagai pelindung. Terutama mencegah potensi konsleting kabel listrik.

Selain itu, manfaat menggunakan kabel ini juga akan membantu beberapa kabel penghantar arus listrik bisa lebih tertata dengan rapi. Dengan begitu maka kabel pun akan tampak rapi.

  • Mempermudah Maintenance Kabel

Karena fungsi utamanya untuk mengkoordinir kabel maka akan mempermudah perawatan setiap kabel. Terutama, pada kabel penghubung arus utama pada bangunan rumah maupun gedung.

Maka dari itu, tak ayal jika jenis kabel duct ini sangat diperlukan dalam instalasi kelistrikan mengingat perannya yang begitu besar tersebut.

  • Sebagai Indikator Kerusakan Kabel

Fungsi lain dari kabel konduit ini juga berperan dalam memberikan indikator jika terjadi kerusakan pada salah satu jaringan arus kabel. Bukan tanpa sebab mengingat bila terjadi konsleting maupun kendala pada kabel yang tersusun di dalam konduit maka secara otomatis akan memberikan informasi kerusakan.

Dengan demikian maka kerusakan yang potensi penyebabnya karena aliran listrik turbulen bisa segera teratasi dengan cepat dan tepat.

  • Sebagai Media Koordinator Antar Pemilik Jaringan Kabel Bawah Tanah

Selain itu, karena pemasangannya berada di bawah tanah maka sangat efektif dan efisien dalam mengkoordinasi antar pemilik jaringan kabel.

Oleh karenanya, penempatan duct kabel atau kabel konduit ini memang berada di bawah tanah yang tentu sangat aman. Khususnya sebagai akses lalu lintas arus listrik.

  • Mencegah Kerusakan Kabel

Fungsi lain kabel duct adalah memiliki peranan penting dalam meminimalisir terjadinya kerusakan kabel. Khususnya untuk kabel utama penghubung arus listrik.

Apalagi, dengan bahan dasarnya dari material PVC, tentu sangat efektif sebagai isolator jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada kelistrikan. Seperti hubungan arus pendek atau ada kabel yang terkelupas.

Bagong Jaya, Distributor Bahan Bangunan Tepercaya

Sebagai distributor bahan bangunan lengkap, tentu Bagong Jaya menawarkan berbagai ukuran kabel duct PVC yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Soal kualitas, Anda tak perlu ragu. Barang yang kami jual adalah barang original yang sudah barang tentu memiliki kualitas unggul.

Jadi, Anda tak perlu ragu dengan layanan dan produk kami. Untuk konsultasi atau ingin tahu lebih banyak soal info produk maupun pemesanan kabel duct, Anda bisa berkunjung ke toko kami atau berkunjung ke website resmi kami di bagongjaya.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.