Cara Penggunaan Kabel Duct agar Rumah Selalu Rapi

Ternyata, merapikan instalasi kabel di dalam rumah bisa menggunakan berbagai jenis kabel duct. Namun, tentu Anda tak bisa asal dalam menggunakan kabel dak ini. Karena, bahaya pemasangan kabel listrik secara asal-asalan, tentu saja bisa berdampak pada risiko konsleting yang jelas berpotensi memicu kebakaran.

Maka, dalam penerapannya, penggunaan tipe kabel dak ini menjadi rekomendasi. Mengingat fungsinya yang tak hanya merapikan kabel berserakan namun juga sebagai pelindung dan mencegah berbagai risiko.

Agar tampilan kabel-kabel penghubung arus listrik di rumah Anda tampak rapi, ada tips khusus penggunaan kabel jenis duct ini yang patut Anda coba. Simak tipsnya di bawah ini.

  • Pasang Kabel di Sudut Siku Dinding

Untuk mendapatkan penampilan yang rapi, Anda bisa menempatkan dak kabel di daerah sudut pada dinding. Penggunaan kabel duct dinding ini sangat efektif untuk merapikan peletakan kabel yang berserakan di sekitar tembok.

Maka, untuk membuatnya agar tampak lebih rapi, Anda bisa menggunakan jenis duct kabel untuk penempatan di dinding.

  • Atur Panjang Kabel dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain itu, saat Anda hendak merapikan kabel, tentu saja Anda harus menyesuaikan antara panjang kabel duct dengan panjang tembok atau lantai yang hendak Anda rapikan.

Untuk mendapatkan ukuran yang pas dan serasi maka Anda harus menyesuaikan panjang kabel duct tersebut dengan lokasi atau area di dalam rumah Anda.

  • Pilih Ukuran Kabel Duct Kecil

Di sisi lain, pastikan juga pilih ukuran kabel duct PVC yang kecil agar tak hanya rapi namun juga terkesan minimalis. Selain ukuran, Anda pun juga bisa menentukan bentuk dari kabel jenis duct ini sesuai yang Anda inginkan sekaligus menyesuaikan dengan ketebalan kabel.

Cara penggunaan duct seperti ini tentu juga sangat efektif supaya kabel lebih aman serta terhindar dari digigit tikus.

  • Pilih Duct yang Berbahan Material Dasar PVC

Perlu Anda pahami, jenis duct atau dak kabel memiliki beberapa tipe berdasarkan bahan material pembuatannya. Mulai dari besi atau baja dan PVC. Untuk interior rumah, tentu pilih jenis yang menggunakan bahan dari PVC. Tujuannya, supaya tampilannya tampak lebih bersih dan terhindar dari karat atau korosi.

Di samping itu, penggunaan duct yang bermaterial pvc juga cukup memberikan kemudahan saat pengaplikasiannya untuk merapikan kabel. Bukan tanpa sebab mengingat bahannya yang tidak sekeras besi sehingga akan membuat Anda mudah memotongnya sesuai dengan kebutuhan ukuran.

  • Prioritaskan untuk Menata Kabel di Area Lantai

Kemudian, dalam penggunaan duct cable (kabel konduit) untuk merapikan interior rumah Anda, sebaiknya prioritaskan untuk penempatan mepet di lantai.

Karena, penggunaan kabel duct lantai juga akan sangat efektif dalam menjamin kondisi ruangan yang lebih rapi.

Pasalnya, dengan menaruh kabel dan menyatukannya dalam satu saluran pada dak kabel di lantai, maka tata ruang interior pun menjadi tampak jauh lebih rapi. Karena, tidak nampak konduit yang menjalar di dinding atau sudut tembok rumah.

Bagong Jaya, Distributor Bahan Bangunan Terlengkap

Bagong Jaya hadir menawarkan alternatif berbagai pilihan bahan bangunan original dan berkualitas. Termasuk pula kabel berjenis duct dengan berbagai bentuk, bahan, dan ukuran.

Jadi, Anda bisa menentukan mana jenis atau tipe kabel dak yang hendak Anda pilih dengan menyesuaikan kebutuhan untuk pemasangannya di ruang interior. Butuh kabel duct untuk merapikan kabel di rumah Anda? Kunjungi toko kami atau website resmi kami di bagongjaya.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.