Manfaat Penggunaan Kabel Duct untuk Rumah Rapi dan Estetik

Tahukah kamu, ada beberapa manfaat penggunaan kabel duct untuk rumah rapi dan estetik? Manfaat ini akan sangat terasa ketika kamu menggunakan kabel duct sebagai manajemen instalasi kabel listrik di rumah.

Kabel Duct yang dipasang di rumah tentu memiliki ukuran dan jenis yang berbeda dengan kabel duct yang dipasang di bawah tanah. Karena kabel yang dipasang di rumah biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak akan mengganggu pemandangan di rumah.

Manfaat Penggunaan Kabel Duct

Perlu diketahui, kami hanya memaparkan lima manfaatnya saja. Karena kelima manfaat ini yang paling terasa di rumah. Kira-kira apa fungsi kabel duct ya? Mari simak beberapa fungsi dan manfaatnya berikut ini.

  1. Manajemen Kabel Lebih Rapi

Kabel duct bisa membantu instalasi kabel di rumah menjadi lebih rapi. Kabel ini bisa menyusun kabel-kabel kecil menjadi satu sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu kamu tidak akan menemukan kabel yang berceceran.

Kamu juga bisa menggunakan kabel duct kecil untuk me-manage kabel TV atau PC. Biasanya untuk merapikan kabel dari PC, TV, dan peralatan elektronik lainnya memerlukan kabel Duct dengan ukuran yang kecil.

  1. Rumah Akan Terlihat Indah

Jika kamu menggunakan kabel duct, kamu tidak akan melihat kabel yang bergelantungan. Bahkan kabel yang tadinya sangat semrawut, kini bisa menjadi lebih rapi dan enak dipandang.

Bagaimana tidak, kabel Duct bisa diletakan di lantai, dinding, hingga di perabotan rumah. Ini tentu membuat kabel yang mengganggu bisa tersamarkan dan rumah akan jauh lebih rapi, serta lebih indah untuk dipandang.

  1. Menjaga Kabel agar Tetap Awet

Manfaat lain dari penggunaan kabel duct yakni bisa membuat kabel menjadi lebih awet. Karena biasanya, kabel yang tak menempel begitu saja di dinding, plafon, ataupun lantai, sangat rawan dimakan tikus.

Apalagi jika kamu menaruh kabel di lantai, pasti akan cepat rusak karena terkikis oleh udara. Oleh karena itu, kamu memerlukan kabel duct lantai agar kabel bisa lebih awet.

Sekarang ini ada kabel Duct yang dikhususkan untuk pengguna di lantai. Biasanya memiliki bentuk setengah lingkaran.

  1. Sebagai Pendeteksian Dini jika Ada Kerusakan

Jika sewaktu-waktu rumahmu mengalami masalah kerusakan pada bagian instalasi listrik, kamu bisa mendeteksinya dengan melihat jalur dari kabel Duct. Jadi, kamu bisa lebih cepat menentukan kabel mana yang mengalami kerusakan.

Satu kabel Duct biasanya digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel yang sejenis, misalnya kabel PC dengan monitor. Dengan begitu, proses maintenance juga lebih mudah karena hanya perlu mengecek isi kabel Duct itu.

  1. Terhindar dari Korsleting Listrik

Umumnya korsleting listrik terjadi karena gigitan tikus pada kabel dan hubungan arus pendek yang mengakibatkan percikan api. Sehingga kabel yang menempel pada dinding dan plafon akan terbakar.

Untuk itu, kamu memerlukan kabel duct dinding untuk menjaga rumah agar terhindar dari korsleting listrik. Kabel ini akan menjaga kabel yang menghubungkan arus ke seluruh perangkat elektronik di rumah. Sehingga kabel jadi lebih aman dari gangguan tikus.

Nah itulah lima manfaat penggunaan kabel duct untuk rumah rapi dan estetik. Ternyata kabel duct tidak hanya membuat rumah jadi lebih rapi, tetapi juga sebagai pengaman. Karena jika instalasi kabel di rumah tanpa adanya kabel Duct maka bisa menimbulkan kerusakan kabel hingga korsleting listrik.

Apabila kamu memerlukan kabel duct dengan berbagai ukuran dan kegunaan, kamu bisa menghubungi Bagong Jaya. Bagong Jaya merupakan toko yang menyediakan bahan bangunan terlengkap, termasuk kabel duct.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.