5 Ide Kreatif Dari Pipa PVC Bisa Untuk Tambah Penghasilan

Sumber gambar dari canva 

Pipa PVC atau pipa paralon biasa dimanfaatkan sebagai saluran air. Benda yang satu ini dapat dijumpai di toko bangunan. Biasanya selain digunakan sebagai sarana aliran air, pipa ini juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan. 

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat menggunakan pipa paralon. Misalnya saja sebagai rak sepatu dan mainan, hingga tempat pensil. Berikut ini akan kami sajikan beberapa ide kreatif dari pipa paralon yang bisa menjadi sumber pendapatan tambahan. Kira-kira apa saja sih? 

1. Tempat / Media Tanam Hidroponik 

Pipa paralon dapat dimanfaatkan sebagai tempat atau media tanam hidroponik. Tanaman yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik biasanya merupakan sayur-sayuran. Hasil sayur dari hidroponik juga tergolong lebih subur dan lebat ketimbang sayuran di dari tanah.  

Anda dapat membuat media tanam ini, kemudian menjualnya ke pasaran agar lebih menghasilkan. Atau jika memang suka bercocok tanam, Anda bisa memanfaatkan sistem hidroponik menggunakan pipa paralon ini, nantinya sayuran yang telah siap panen bisa dijual ke pasar.  

2. Lampu Taman dari Pipa PVC 

Paralon bekas yang tak terpakai juga dapat digunakan sebagai kerajinan lampu taman loh. Kerajinan ini bahkan sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.  

Anda hanya perlu membuat bingkai atau tempat lampu dari paralon. Kemudian menghiasnya agar makin terlihat cantik dan keren. Biasanya ukuran paralon yang digunakan memiliki diameter 5 hingga 8 inch.  

3. Rak Sepatu 

Kerajinan pipa paralon bekas yang cukup bernilai ekonomis yakni rak sepatu. Saat ini, kerajinan rak sepatu dari bahan paralon memang tengah booming. Karena bentuknya yang unik menyerupai sarang lebah serta dapat mengurangi limbah.  

Umumnya, paralon yang digunakan memiliki diameter 6 hingga 10 inch. Hal ini dimaksudkan agar paralon dapat menampung sandal dan sepatu. Untuk panjangnya, biasanya disesuaikan dengan tempat yang akan digunakan sebagai penampungan rak sepatu paralon.  

4. Kursi Anak 

Ide kreatif dari pipa paralon yang dapat Anda buat di rumah yakni kursi anak. Memang terlihat sepele, namun kerajinan yang satu ini sangat bermanfaat loh. Karena dapat dijadikan tempat duduk dan sarana bermain anak. Sehingga anak tidak akan bosan dengan kursi yang itu itu saja.  

Untuk membuat kursi anak, Anda memerlukan beberapa pipa paralon yang berdiameter kecil. Kemudian ada T dan L sebagai penyambung atau penghubung di bagian yang belok. Kemudian nantinya ditambahkan kain sebagai penyangga tubuh.  

5. Tempat Pensil 

Pemanfaatan limbah dari pipa PVC dapat dijadikan sebagai tempat pensil. Wadah yang satu ini memang sangat berguna bagi mereka yang bekerja dengan alat-alat tulis.  

Anda bisa memanfaatkan paralon berdiameter kecil maupun besar. Kemudian menghiasnya agar menjadi lebih cantik. Nah Anda juga dapat menjual kerajinan ini melalui media sosial dan marketplace. Karena biasanya banyak yang memesan tempat pensil dengan ukuran bentuk dan tampilan yang unik. 

Itulah lima ide kreatif dari pipa PVC yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Hanya berbekal paralon, Anda dapat menciptakan kerajinan yang sangat bermanfaat dan bernilai. Jika Anda membutuhkan pipa paralon dengan berbagai ukuran dan kualitas, Anda perlu menengok Bagong Jaya

Karena toko ini menyediakan berbagai macam kebutuhan bangunan, khususnya pipa paralon dan talang. Anda bisa mendapatkan pipa terlengkap dan termurah dari Bagong Jaya. Sehingga bisa menunjang pekerjaan dan kreativitas Anda dalam membuat suatu kerajinan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.