5 Kreasi Pipa Pvc Bisa Kamu Coba Di Rumah

sumber gambar dari canva 

Pada umumnya, pipa PVC atau yang lebih dikenal dengan pipa paralon digunakan untuk mengalirkan air. Namun seiring berkembangnya zaman, inovasi terus bermunculan.  

Pipa ini tidak hanya digunakan untuk saluran air saja, melainkan juga dapat digunakan untuk membuat kerajinan yang sangat bermanfaat.  

Kreativitas manusia saat ini memang tiada batasnya. Mereka mampu membuat benda-benda unik dan bermanfaat berbekal pipa paralon. Lantas kerajinan apa saja yang simpel dan bermanfaat serta dapat dibuat di rumah? Mari simak beberapa ide yang dapat kamu buat berikut ini.   

1. Rak Dinding 

Kerajinan pertama yang dapat dibuat dengan pipa ini yakni rak dinding. Anda dapat menggunakan rak yang dibuat dari paralon untuk menaruh buku dan benda lain. Selain berfungsi sebagai rak, kerajinan ini juga bisa menjadi hiasan dinding.  

Hiasan dinding dari pipa paralon ini akan mempercantik ruangan. Ruangan yang diberi rak dinding dari paralon tentu bakal memiliki nilai estetika yang tinggi. Mata yang melihat akan terpukau karena bisa tampil unik. 

2. Rak Sandal Dan Sepatu 

Kerajinan pipa paralon bekas yang sangat bermanfaat dan mudah dibuat yakni Rak sandal dan sepatu. Bagaimana tidak, dengan adanya rak sepatu ini, Anda bisa menata posisi sandal dan sepatu yang tercecer. Sehingga nantinya akan menjadi lebih rapi dan enak dipandang. 

Kerajinan ini hanya memanfaatkan pipa paralon yang memiliki diameter besar sekitar 6 hingga 8 inch. Tujuannya agar sandal dan sepatu bisa muat di dalam paralon. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli pipa yang berukuran besar ya.  

3. Jemuran Pakaian  

Pemanfaatan limbah dari pipa pvc dapat Anda olah menjadi jemuran pakaian. Kerajinan yang satu ini akan sangat berguna karena selalu dibutuhkan oleh ibu rumah tangga. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki jemuran pakaian sendiri, tentunya benda ini akan sangat terasa manfaatnya.  

Anda hanya memerlukan beberapa pipa, kemudian dirangkai hingga membentuk tempat untuk menjemur pakaian. Pipa paralon yang digunakan biasanya berdiameter kecil, antara 2 hingga 4 inch. Sedangkan untuk menyambungnya menggunakan T1, T2, dan L.  

4. Vas Bunga 

Kerajinan dari limbah pipa pvc yang sangat mudah dibuat yakni vas bunga. Benda yang satu ini memang terlihat sepele, tetapi akan sangat berguna sebagai hiasan ruangan.  

Anda hanya memerlukan pipa paralon yang telah dipotong sesuai ukuran. Kemudian bagian luarnya bisa Anda hias dengan lukisan atau kertas yang memiliki motif agar tampak lebih cantik. 

5. Media Tanam Hidroponik 

Pipa paralon juga bisa Anda manfaatkan sebagai media tanam hidroponik. Pemilihan paralon bukan tanpa alasan. Pasalnya paralon memiliki ketahanan yang oke di bawah matahari dan hujan. Selain itu, paralon juga memiliki aliran yang bagus, karena di dalamnya tidak ada hambatan sama sekali.  

Umumnya, paralon yang akan dijadikan sebagai media tanam akan dilubangi terlebih dahulu. Kemudian dirangkai agar sirkulasi air tegap berjalan. Dengan begitu, tanaman dapat tumbuh lebih subur dan sangat lebat. 

Nah itulah beberapa lima kerajinan dan kreasi yang dapat Anda buat dengan menggunakan pipa PVC. Jika Anda membutuhkan pipa paralon, Anda dapat menghubungi Bagong Jaya.  

Mengapa bagong Jaya? Karena Bagong Jaya menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan, khususnya pipa dan talang. Bagong jaya merupakan toko bahan bangunan terlengkap yang menyajikan pipa paralon dengan berbagai ukuran serta berkualitas tinggi.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.