Benarkah Pipa PVC Mampu Bertahan Hingga 50 Tahun?

Pipa PVC merupakan bahan plastik yang sering digunakan untuk pipa pasokan air dan limbah. Meskipun berbahan plastik, pipa PVC tidak hanya sekali pakai. Harapan hidup bahan ini dapat digunakan selama lebih dari 50 tahun. Hal ini disebabkan karena produksi resin PVC menggunakan Monomer Vinil Klorida (VCM) yang dihasilkan dari klorin dan etilena. Klorin diproduksi dari garam, terutama melalui elektrolisis sel membran. Penggunaan teknologi ini secara signifikan mengurangi energi konsumsi, emisi dan limbah berbahaya.

Energi yang dibutuhkan untuk memompa air melalui pipa PVC akan tetap konstan seiring waktu. Hal ini disebabkan karena material PVC yang halus. Meskipun telah digunakan untuk memompa air, permukaan PVC tidak menjadi kasar seiring waktu. Dibandingkan ketika menggunakan pipa besi, penggunaan pipa PVC mampu menghemat biaya dan energi.

Dalam sistem perpipaan, penting untuk meninjau dampak siklus hidup bahan pipa. Memahami pemeliharaan pipa seperti pengendalian kualitas air selama pipa digunakan hingga upaya mengurangi korosi pada pipa. Hal tersebut berpengaruh terhadap ketahanan pipa. Jika mengenali risiko dan upaya pemeliharaan pipa, maka pipa dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

Anda bisa menghubungi Bagong Jaya, jika Anda memerlukan Pipa PVC yang kuat dan tahan lama. Segera pesan sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.