Tips Memilih Talang Air Kualitas Terbaik

Musim hujan memberikan kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya, rumah akan menjadi bocor dan cepat rusak. Untuk itu perlu memasang talang air guna meminimalisir terjadinya kerusakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memilih talang air dengan kualitas terbaik.

Kenali Jenis Talang Air

Seiring dengan berkembangnya jaman saat ini, sudah tersedia berbagai macam jenis talang air dengan berbagai bahan. Mulai dari talang air rumah yang berbahan PVC sampai beton. Tak dipungkiri, dengan adanya berbagai macam pilihan seringkali menimbulkan dilema dalam menentukan mana yang terbaik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis talang air tersebut. Misalnya, jika Anda tidak ingin talang penampung tersebut tidak berkarat, maka Anda bisa memilih tangki penampungan yang berbahan PVC. Sebagai contoh lain. Anda tidak ingin melakukan berbagai perawatan tambahan atau pemeliharaan berkala setelah pemasangan. Maka Anda bisa memilih yang berbahan beton. Dengan mengenali jenis talang air yang diberikan, Anda akan dapat menentukan mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Kenali Suhu Udara Sekitar

Seringkali kita tidak menyadari bagaimana suhu udara sekitar. Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Perlunya untuk mengetahui intensitas atau suhu udara akan memudahkan Anda untuk memilih jenis bahan dari talang air rumah yang Anda butuhkan. Misalnya saja, suhu udara disekitar rumah Anda memiliki intensitas cuaca panas yang tinggi. Dalam hal ini, Anda tidak disarankan memilih talang yang berbahan logam. Hal ini dikarenakan logam mudah untuk menyerap panas, sehingga suhu pada ruangan Anda akan terasa lebih panas. Anda bisa memilih tangki penampungan yang berbahan galvalum. Ini dikarenakan galvalum memiliki ketahanan pada cuaca dengan intensitas yang tinggi.

Tentukan Ukuran yang Dibutuhkan

Ada beberapa ukuran yang tersedia di pasaran. Dalam hal ini, sebaiknya perlu melakukan pengukuran secara akurat sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan. Pengukurannya sendiri disesuaikan dengan bangunan pada konstruksi rumah. Untuk itu diharapkan lebih detail dalam pengukuran. Terdapat standar umum yang biasanya diterapkan dalam melakukan pengukuran, diantaranya :

  • Volume air 255 L per menit untuk diameter 3 inci
  • Volume air 547 L per menit untuk diameter 4 inci
  • Volume air 990 L per menit untuk diameter 5 inci
  • Volume air 1610 L per menit untuk diameter 6 inci
  • Volume air 3470 L per menit untuk diameter 8 inci

Kenali Harga di Pasaran

Tidak semua harga talang air yang murah memberikan kualitas buruk, begitu juga sebaliknya. Jika Anda telah mengenali ketiga poin diatas, maka Anda akan lebih bisa menentukan jenis talang air yang Anda perlukan. Misalnya saja Anda memiliki keinginan untuk membeli tangki berbahan PVC dengan diameter 8 inci harganya sekitar 135 K. Tentunya harga talang air di toko bangunan satu dengan lainnya tidaklah sama. Namun umumnya tidak terlalu berbeda dengan harga dipasaran. Jika Anda ingin membeli melalui media online, perlu juga memperhatikan deskripsi dan harga ongkir. Jangan sampai Anda membeli barang yang lebih mahal namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Atau Anda bisa mendapatkan harga talang air di toko bangunan yang lebih murah di dekat rumah. Anda juga bisa mencari harga talang air termurah di internet atau mendatangi toko bangunan terdekat secara langsung.

Itulah seputar informasi yang bisa Anda lakukan mengenai beberapa tips memilih talang air. Perlu untuk mengetahui jenis dan ukuran yang diperlukan sebelum melakukan pemesanan. Anda juga bisa mengunjungi situs Bagong Jaya untuk mendapatkan informasi atau berkonsultasi seputar penyediaan talang air dan berbagai produk bangunan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.