Bisakah Pipa PVC Didaur Ulang?

Pipa PVC

Penggunaan pipa PVC tak jarang digunakan untuk berbagai instalasi. Tidak peduli sebagai apa pipa PVC digunakan, baik digunakan untuk bingkai jendela, kabel, pipa air, langit-langit, atau apa pun, PVC memiliki banyak manfaat dan kualitas yang baik.

Inilah sebabnya mengapa pipa PVC menjadi produk favorit yang digunakan di beberapa industri dan bidang, mulai dari perumahan hingga perawatan kesehatan, konstruksi sipil, mobil, elektronik, dan banyak lagi. Karena pipa PVC berbahan plastik, akan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah. Anda bisa memanfaatkan pipa PVC lama untuk didaur ulang menjadi produk baru.

Sebelum mendaur ulang pipa, Anda harus mengetahui jenis resin yang digunakan pada pipa PVC. Proses ini untuk mengetahui apakah produk pipa PVC dapat didaur ulang. Cara mudahnya adalah dengan memeriksa tanda pada pipa Anda.

Simbol daur ulang dengan kode angka 1 serta kode PETE atau PET pada bagian bawah. Simbol ini menunjukkan bahwa sebuah plastik yang terbuat dari Polyethylene Terephthalate. Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. Tanda seperti 1 atau 3 menunjukkan bahwa pipa PVC Anda dibuat dengan resin berdensitas tinggi. Tanda tersebut berarti PVC tidak dapat didaur ulang menjadi produk baru.

Simbol daur ulang dengan kode angka 2 dan kode HDPE atau PEHD. Simbol ini digunakan untuk sebuah plastik yang terbuat dari high density polyethylene. Tanda seperti 2 atau 4 berarti plastik PVC Anda dibuat dengan resin berdensitas rendah, yang dapat didaur ulang selama Anda menemukan fasilitas daur ulang pada lingkungan rumah Anda.

Terdapat dua cara untuk mendaur ulang PVC:

1. Daur Ulang Secara Mekanis

Daur ulang ini melibatkan pengolahan limbah secara mekanis dengan cara menggiling PVC sehingga membentuk partikel kecil yang kemudian dibersihkan. Partikel kemudian dapat dicairkan dan dibentuk kembali dengan atau tanpa bahan baru untuk mengulangi pembuatan produk baru.

2. Daur Ulang Dengan Bahan Kimia

Daur ulang ini melibatkan proses secara kimia seperti pirolisis atau hidrolisis. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengubah limbah menjadi komponen yang dapat digunakan kembali. Produk yang dihasilkan seperti natrium klorida, kalsium klorida, dan produk hidrokarbon yang dapat digunakan untuk memproduksi PVC baru. Selain itu, hasil produk bisa digunakan sebagai tambahan bahan untuk proses manufaktur atau bahan bakar lainnya.

Daur ulang mekanis umumnya dianggap lebih aman, karena tidak menyebabkan penguraian produk menjadi bahan kimia dalam bentuk dasarnya. Jadi, hanya mengubah produk PVC menjadi produk lain tanpa perlu terpapar bahan kimia.

Manfaatkan pipa Anda untuk didaur ulang menjadi produk baru. Anda bisa melihat cara untuk memanfaatan pipa PVC yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jika Anda mencari pipa PVC yang aman dan berkualitas baik, Bagong Jaya memiliki beragam pipa PVC yang dapat digunakan untuk instalasi di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.