Mengenal Jenis-Jenis Pipa Air Minum

Air minum merupakan air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan agar dapat langsung diminum. Untuk tercapainya pendistribusian air minum yang efektif dan efisien tentu membutuhkan saluran pipa dengan kualitas terbaik untuk mengalokasikan air ke tepat sasaran. Apa saja jenis pipa untuk menyalurkan air minum? Berikut 2 jenis pipa air minum yang bisa digunakan:

1. Pipa Besi

a. Pipa Baja (Steel Pipe)

Pipa baja digunakan untuk memenuhi kebutuhan pipa yang berdiameter besar dan bertekanan tinggi. Pipa ini dibuat dengan ukuran dan diameter standar.

b. Pipa DCIP (Ductile Cast Iron Pipe)

Pipa DCIP digunakan untuk memenuhi kebutuhan pipa yang berdiameter besar dan bertekanan tinggi.

2. Pipa Non Besi

a. Pipa PVC

Pipa Polyvinyl Chloride (PVC) adalah pipa yang terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dibandingkan pipa besi karena memiliki sifat anti karat.

b. Pipa PE/HDPE

Pipa HDPE adalah pipa plastik bertekanan yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Pipa HDPE merupakan salah satu jenis pipa PE (Polyethylene) dengan bahan baku lebih tangguh.

Sebelum Anda mulai memasang saluran air, Anda harus terlebih dahulu menentukan apakah sumber air Anda berasal dari Layanan Air Minum Negara (PDAM) atau air tanah. Hal ini karena pemasangan pipa air disesuaikan dengan sumber air. Setelah menentukan sumber air, tahapan berikutnya adalah proses instalasi pipa air.

Itulah informasi dari Jenis-Jenis Pipa Air Minum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Temukan pipa PVC dengan kualitas terbaik di Bagong Jaya yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.