Kreasi Limbah Pipa PVC yang Bisa Anda Coba di Rumah

Seringkali ada banyak limbah pipa PVC di rumah yang tidak terpakai setelah membangun atau melakukan perbaikan rumah. Sisa-sisa potongan pipa ini sebenarnya masih bisa digunakan untuk beberapa kreasi. Caranya pun tidak sulit, karena sifat pipa ini yang mudah dipotong dan dibentuk.
Nah, apa saja kreasi untuk memanfaatkan limbah pipa PVC di rumah?

  • Tempat Alat Tulis
    Kreasi paling sederhana dengan membuat pipa menjadi tempat alat tulis. Caranya dengan memotong pipa dengan ukuran lebih pendek dari pensil, pulpen, atau penggaris. Tutup salah satu lubang, dan warnai pipa tersebut agar terlihat lebih unik.
    Limbah pipa dengan ukuran diameter pipa PVC 2 inch pastinya sangat banyak ditemukan. Anda bisa menggunakannya untuk beberapa tempat alat tulis.
  • Tempat Sikat Gigi
    Hampir sama dengan kreasi sebelumnya, dengan membuat pipa PVC yang pendek dan bagian bawah ditutup lubangnya. Kreasi ini bisa digunakan untuk meletakkan beberapa sikat gigi, pasta gigi, sampo botol, sabun botol, dan lain sebagainya.
  • Tempat Sepatu
    Kreasi yang satu ini pastinya akan terlihat sangat unik. Anda bisa memanfaatkan limbah pipa PVC 4 inch hingga 6 inch. Potong pipa tersebut dengan ukuran sepanjang sepatu. Buat 2 potong pipa untuk sepasang sepatu.
    Warnai pipa tersebut agar lebih unik. Susun pipa-pipa tersebut dengan rapi. Jika Anda punya 3 pasang sepatu, maka tumpukan pipa akan semakin tinggi.
  • Tempat Kerudung
    Ada satu cara menyimpan kerudung agar terlihat lebih rapi. Yaitu dengan cara menggulungnya dan diletakkan ke dalam lubang pipa PVC.
    Cara membuatnya hanya butuh pipa PVC 2 inci, dipotong sekitar 10 cm. Setiap pipa tersebut bisa digunakan untuk menyimpan satu kerudung. Jika Anda punya 5, tinggal potong pipa PVC sebanyak jumlah kerudung tersebut.
  • Tempat Sendok dan Garpu
    Sama halnya dalam membuat kreasi sebelumnya, dalam membuat tempat sendok dan garpu ini sangatlah mudah. Anda hanya butuh sisa pipa dengan diameter sekitar 3 inci dan gergaji untuk memotong.
    Buat beberapa potongan pipa dan jadikan satu dengan merekatkannya menggunakan lem. Anda bisa meletakkannya di atas meja sebagai tambahan hiasan.
  • Hiasan di Kamar Mandi
    Ada banyak sisa-sisa pipa PVC dengan ukuran yang pendek? Tidak perlu bingung untuk membuangnya. Anda bisa memanfaatkannya menjadi hiasan di kamar mandi.
    Hiasan ini seperti membuat dinding yang terbuat dari berbagai potongan pipa. Kumpulkan pipa dari berbagai ukuran yang sudah tidak terpakai. Potong dengan ukuran sekitar 5 cm sampai 10 cm sebanyak mungkin.
    Susun potongan-potongan pipa tersebut seperti dinding secara vertikal. Rekatkan dengan menggunakan lem paralon. Hasilnya pasti akan terlihat sangat unik.
  • Meja Kecil
    Sisa-sisa pipa dari membangun rumah juga bisa digunakan untuk membuat meja kecil untuk si kecil belajar. Caranya sangat mudah, Anda hanya butuh pipa dan juga fitting atau sambungan yang berbentuk T dan berbagai jenis sambungan lainnya.
    Harga pipa PVC untuk sambungan tergolong murah. Sesuaikan dengan ukuran meja, kemudian tinggal dipasang.
  • Rak Buku
    Kemudahan pipa untuk dibentuk dan dipasang juga bisa digunakan untuk membuat rak buku. Caranya membentuk pipa seperti rak-rak pada umumnya. Kemudian pasang dengan menggunakan sambungan pipa yang disesuaikan dengan jenis sambungannya.
    Anda juga akan membutuhkan papan kayu untuk meletakkan buku di atasnya. Dijamin rak buku yang sudah jadi tersebut pasti terlihat keren.
    Itulah beberapa kreasi yang bisa dibuat dari limbah pipa PVC. Dapatkan bahan bangunan terbaik dengan harga ekonomis hanya di Bagong Jaya. Jadi, manfaatkan semua sisa bahan menjadi kreasi yang bermanfaat sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.