Rekomendasi Ukuran Tandon Air Sesuai Ukuran Rumah Kamu

Memilih ukuran tandon air bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Jika ukuran yang dipilih terlalu kecil atau terlalu besar sama-sama bisa memicu masalah. Salah satunya tangki yang terlalu kecil harus lebih sering diisi karena daya tampungnya tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan penghuni rumah.
Oleh karena itu dan memilih ukuran tandon air untuk rumah tangga perlu perhitungan matang. Kami sudah menyediakan informasinya untuk Anda.

  1. Kapasitas 520 L
    Kapasitas ini cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar. Kalau dikira-kira, Kapasitas 520 liter cukup untuk kebutuhan 3 orang di rumah dengan penggunaan air harian mencapai 160 liter tiap orang.
    Namun, jika tiap orang di rumah menghabiskan lebih banyak air, Anda butuh kapasitas lebih besar. Tentu saja jika penghuni rumah lebih banyak, kapasitas yang diperlukan pun akan semakin besar.
  2. Kapasitas 650 L
    Jika keluarga Anda tidak terlalu besar, tandon kapasitas 650 liter juga bisa dipilih. Penampungan air dengan ukuran tersebut sudah dapat mencukupi 5 orang jika pemakaiannya rata-rata 120 liter per hari. Ini termasuk untuk kebutuhan lain seperti mencuci kendaraan hingga perlengkapan dapur.
    Namun kisaran angka tersebut dapat dibilang sangat hemat. Pasalnya, menurut data kementerian PUPR, penggunaan air harian masyarakat sekitar 146 liter – 155 liter per orang untuk kalangan menengah. Sedangkan untuk kelas ekonomi yang lebih tinggi, penggunaannya bisa mencapai 245 liter tiap harinya.
    Jika penggunaan air harian anggota keluarga di atas 200 liter, kapasitas ini masih kurang. Anda masih harus sering mengisi ulang air jika memilih produk ini.
  3. Kapasitas 800 L
    Penampungan air dengan ukuran 800 liter cukup untuk memenuhi kebutuhan 5 orang dengan pemakaian air 150 liter. Atau jika kebutuhan air tiap orang di rumah mencapai 200 liter, maka ini cukup untuk 4 orang. Tetapi, jika ingin lebih jarang mengisi air, Anda dapat memilih ukuran tandon yang lebih besar.

  1. Kapasitas 1200 L
    Ukuran penampungan air yang lebih besar digunakan untuk kebutuhan yang lebih banyak. Jika rumah Anda berisi 6 orang dengan pemakaian air hingga 200 liter per hari, ukuran tandon air 1200 liter bisa dipilih.
    Namun, Anda perlu memilih ukuran yang lebih besar untuk banyak keperluan dan tambahan cadangan air. Misalnya, kapasitas 2000 liter.
  2. Kapasitas 2000 L
    Ukuran tandon air 2000 liter sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan standar rumah tangga seperti mencuci baju, mencuci alat makan, serta mandi. Jika kebutuhan air keseluruhan keluarga Anda tidak terlalu banyak, Anda bisa memiliki cadangan air untuk lebih dari sehari.
    Menghitung Sendiri Kapasitas yang diperlukan
    Anda bisa membuat perkiraan kapasitas yang dibutuhkan untuk hunian Anda. Pertama, ketahui kebutuhan air anggota keluarga per hari, kemudian kalikan dengan banyaknya anggota keluarga. Nantinya, Anda akan mengetahui seberapa besar kapasitas yang diperlukan.
    Angka yang didapat dari hitungan ini tentu adalah hasil kasar. Jadi sebaiknya Anda bisa memilih kapasitas yang lebih besar dari hasil hitungan untuk berjaga-jaga.
    Penutup
    Ukuran tangki air cukup beragam. Ada yang kapasitasnya 520 liter, 800 liter, dan yang lebih besar. Untuk memilihnya, Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan air anggota keluarga.
    Tak hanya sampai di situ, Anda juga harus menyesuaikan ukuran tinggi dan diameternya. Ini sangat penting untuk menentukan ukuran tempat yang harus disediakan. Lebih lagi jika Anda ingin menaruh tangki air di dalam rumah.
    Setelah mengetahui kapasitas yang diperlukan serta spesifikasi ukurannya, barulah Anda dapat memilih tangki air yang tepat untuk rumah Anda.
    Jika Anda membutuhkan berbagai material bangunan, termasuk produk tandon air untuk hunian Anda, serahkan saja kepada Bagong Jaya. Kami merupakan distributor bahan bangunan berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.