Dimana Sih Sebaiknya Meletakkan Tandon Air di Gedung Sekolah?

Ingin menentukan tempat paling sesuai untuk menaruh tandon air di sekolah? Anda sebaiknya tidak memilih sembarang tempat, sebab kesalahan dalam meletakkan tangki air akan menyulitkan banyak pihak nantinya.
Agar tidak bingung, 5 tempat berikut bisa Anda pertimbangkan untuk menaruh tangki air.

  1. Di Tower Belakang Sekolah
    Memasang tangki air di tower adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Tetapi pastikan tower yang dipakai cukup kokoh untuk menahan tangki agar tidak rubuh. Pastikan pula tower tidak miring agar tidak menghalangi pengisian air sekaligus menghindari risiko ambruk.
    Untuk estetika dan keamanan, tower juga dapat diletakkan di belakang sekolah. Meletakkan tower di depan bisa saja mengganggu pemandangan, selain itu sedikit mengkhawatirkan jika anak-anak bermain di sekitar tower.
    Jadi meletakkan penampungan air di tower belakang sekolah bisa jadi opsi yang bijaksana.
  2. Di Dak Gedung Sekolah
    Selain tower, dak gedung sekolah juga bisa dipilih untuk lokasi tangki air dengan catatan konstruksi bangunan sekolah cukup kuat sebagai penahan. Pasalnya, semakin tinggi posisi penampungan air, semakin berat pula beban yang ditahan bangunan.
    Contohnya saat Anda ingin memasang tangki di lantai 3 sekolah, beban yang ditopang akan lebih berat dibanding saat dipasang di lantai 2.
    Selain itu, pastikan tidak ada retakan pada tembok maupun dak sebelum dan setelah meletakkan tangki. Jika itu terjadi, segera lakukan prosedur perbaikan pada bangunan.
  1. Di Dekat Kantin
    Kebutuhan air di kantin biasanya lebih banyak dibanding tempat lainnya. Penjaga kantin perlu air untuk memasak serta membersihkan alat makan, termasuk anak-anak juga perlu mencuci tangan sebelum dan setelah makan.
    Oleh karena itu memasang tangki air di dekat kantin ideal untuk dilakukan. Anda bisa meletakkan tangki di tower yang terpasang dekat kantin atau dak bangunan jika memang tersedia.
  2. Di Mushola Sekolah
    Mushola di setiap sekolah tentunya dilengkapi tempat mengambil air wudhu sehingga kebutuhan air untuk tempat tersebut cukup banyak. Inilah alasannya tangki air sebaiknya ditempatkan di area ini. Tangki air dapat dipasang di atas tower dengan ketinggian yang cukup agar alirannya lancar.
    Jika jumlah warga sekolah sangat banyak kebutuhan air juga akan besar, sehingga tandon air yang jauh dari mushola bisa cukup menyulitkan.
  3. Di Dekat Toilet Sekolah
    Toilet juga merupakan lokasi dengan kebutuhan air yang besar untuk membersihkan diri bagi pemakainya. Selain itu kebersihan toilet itu sendiri pun juga perlu dijaga dengan ketersediaan air bersih. Inilah sebabnya Anda perlu meletakkan tangki air diatas kamar mandi sekolah.
    Sebab jika lokasi sumber air untuk toilet cukup jauh aliran air menuju ke lokasi toilet akan semakin kecil.
    Perhatikan Saat Memilih Lokasi
    Saat memilih lokasi penempatan tangki air, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya, kekuatan konstruksi bangunan, terutama jika diletakkan di atas dak. Selain itu, pastikan juga tempat untuk menaruh tangki air tidak miring dan tidak ada kerikil yang dapat membuat bagian bawah tangki retak.
    Perhatikan juga ketinggian tandon air yang ideal, karena ini berpengaruh pada kekuatan aliran air. Jika Anda butuh aliran yang deras, pemasangan bisa dilakukan di tempat yang lebih tinggi, begitupun sebaliknya.
    Tapi ingat, saat aliran semakin deras, konsumsi air pun akan semakin boros. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhitungkan kebutuhan debit air.
    Penutup
    Meletakkan tangki air juga tidak bisa asal. Tangki ini akan lebih baik jika diletakkan di dekat tempat yang butuh banyak air seperti toilet, kantin, Mushola, dan lainnya. Setelah menentukan lokasi yang tepat, jangan lupa pastikan tempat tangki air cukup kuat, baik saat menggunakan dak maupun tower.
    Jika Anda butuh tandon air untuk bangunan sekolah, serahkan kepada Bagong Jaya. Kami merupakan distributor spesialis bahan bangunan berpengalaman dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.