Ketahui Ukuran, Jenis, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Pipa PVC untuk Instalasi Rumah

https://pixabay.com/id/photos/tabung-pipa-pvc-pipa-saluran-air-1555009/

Instalasi di dalam rumah akan lebih efektif, rapi, dan aman ketika menggunakan pipa PVC. Pipa jenis ini semakin banyak dipilih karena bahannya yang kuat, harganya murah, dan bahannya yang ringan. Tidak hanya untuk saluran air, pipa jenis ini memiliki banyak jenis dan bentuk untuk berbagai macam fungsi. 

Nah, ketahui ukuran, jenis, fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari pipa PVC untuk instalasi rumah berikut! 

Jenis dan Ukuran Pipa PVC 

Ada 4 jenis pipa PVC berdasarkan kualitas bahan dan penggunaannya. Nah, berikut ini beberapa jenis pipa yang sekarang ada di Indonesia: 

  1. Pipa PVC Limbah 

Nama lain dari pipa ini adalah SDR-41. Pipa ini didesain secara khusus untuk saluran pembuangan limbah. 

Dinding pipa ini dibuat secara khusus agar bisa mengalirkan cairan limbah yang biasanya tidak memiliki tekanan. Pembuatannya yang disesuaikan dengan kebutuhan pembuangan limbah ini sangat efektif untuk pembuangan berbagai jenis limbah, baik limbah rumah tangga hingga industri.

Ukuran pipa PVC ini berkisar antara 3 inci sampai dengan 24 inci. Ukurannya yang lebar membuat pembuangan limbah akan jauh lebih efektif. 

  1. Pipa PVC Standar JIS 

Pipa Japanese Industrial Standar ini banyak sekali digunakan di Indonesia dengan berbagai macam tipe. Dikenal ada tiga tipe yang biasanya ditemukan di pasaran, yaitu tipe AW, D, dan C. 

  • Tipe AW 

Pipa JIS tipe AW merupakan pipa kelas atas dengan kekuatan tekanan sangat besar. Pipa ini biasanya digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi. Ketahanannya bisa mencapai sebesar 10 kg/cm2

  • Tipe D 

Pipa kelas menengah standar JIS ini memiliki tekanan sebesar 5 bar atau sekitar 5 kg/ cm2. Biasanya pipa dengan tipe seperti ini digunakan sebagai saluran air pembuangan. Ukuran pipa ini mulai dari ½ inci sampai 12 inci. 

  • Tipe C 

Standar paling rendah dari jenis pipa JIS ini memiliki harga yang paling murah. Material yang digunakan juga tidak terlalu kuat, dan biasanya hanya digunakan untuk pembungkus kabel listrik. Ukuran pipa jenis ini biasanya antara 5/8 inci hingga 5 inci. 

  1. Pipa PVC SNI 

Jenis pipa Standar Nasional Indonesia ini memiliki ukuran panjang antara 4 meter hingga 6 meter. Kelebihan dari pipa ini bisa disambung menggunakan dua metode, yaitu solvent cement atau bahan perekat, dan rubbering joint atau ring karet. 

Untuk pipa menggunakan metode solvent cement ini memiliki varian ukuran antara ½ inci sampai 6 inci. Sedangkan untuk rubber ring  joint memiliki ukuran lebar 2 inci sampai 24 inci. Ketahanan pipa ini antara 5 bar sampai dengan 16 bar. 

  1. Pipa PVC-O 

Jenis pipa yang satu ini memiliki kualitas paling baik di antara jenis pipa lainnya dari segi kekuatan bahan. Metode pembuatannya yang menggunakan bi-axial membuatnya mampu meningkatkan kekuatan bahan lebih baik. 

Ketahanan jenis pipa ini mencapai 12,5 bar, dimana proses penyambungannya menggunakan rubber ring joint. Namun, Anda juga harus siap dengan harga pipa PVC ini yang relatif lebih mahal. 

Fungsi Pipa PVC 

Dari beberapa jenis dan ukuran pipa yang telah disebutkan, pipa PVC ini bisa difungsikan untuk berbagai macam hal. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Untuk saluran air bersih dan juga saluran pembuangan. 
  • Untuk pelindung kabel listrik yang ditanam di dinding maupun di luar dinding. 
  • Untuk saluran air dengan tekanan tinggi, mulai dari air minum, irigasi, hingga industri. 
  • Untuk saluran bahan kimia, karena materialnya yang kuat dan tahan terhadap reaksi kimia. 

Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan dari pipa ini adalah sebagai berikut: 

  • Instalasi pemasangan mudah. 
  • Anti korosi. 
  • Tahan terhadap bahan kimia. 
  • Tidak menyalurkan panas. 
  • Biaya murah. 
  • Tidak perlu pemeliharaan. 
  • Permukaan licin. 

Kekurangan dari pipa ini adalah sebagai berikut: 

  • Mudah leleh jika terkena panas. 
  • Peka terhadap sinar matahari. 
  • Semakin besar ukuran semakin mahal. 

Itulah jenis, ukuran, fungsi, kelebihan dan kekurangan Pipa PVC. Dapatkan pipa terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda di Bagong Jaya sekarang juga! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.