5 Tips Memilih Pipa PVC yang Tepat untuk Instalasi Rumah

Memilih pipa PVC untuk instalasi di rumah tidak boleh sembarangan. Jika Anda salah membeli, pengeluaran bisa saja membengkak. Untungnya, kami sudah sediakan tips memilih pipa berbahan PVC untuk rumah Anda. 

Pastikan Kebutuhan 

Saat memilih pipa, pastikan dulu kebutuhan apa yang ingin Anda capai. Ini karena, kebutuhan yang berbeda akan ditopang oleh jenis dan spesifikasi pipa yang berbeda pula.  

Pipa untuk saluran air dari pompa menuju penampungan tentu berbeda dengan pipa untuk melindungi kabel. 

Contoh lain, Anda saat ini butuh pipa untuk kamar mandi dengan pemanas. Maka, jenis pipa yang Anda pilih harus mampu menahan suhu hingga 85 derajat celcius. 

Ketahui Jenis Pipa 

Setelah mengetahui apa kebutuhan Anda, saatnya menemukan spesifikasi pipa yang sesuai. Untuk pipa berbahan PVC, umumnya menggunakan Japanese Industrial Standard atau JIS. 

Jenis pipa PVC dibedakan menjadi 3 kelas, antara lain: 

  1. Kelas AW 

Pipa dengan kelas AW merupakan pipa dengan ketebalan tertinggi dalam standar JIS. Cocok untuk mengalirkan air bertekanan tinggi. 

Tekanan yang mampu ditahan oleh pipa ini bahkan mencapai 10Kg/cm2.  

  1. Kelas D 

Tekanan yang dapat ditahan hingga 5Kg/cm2 membuat pipa kelas D dapat dijadikan saluran pembuangan. Ini karena ketebalannya berada di antara kelas AW dan Kelas C. 

  1. Kelas C 

Dibandingkan yang lainnya, pipa kelas C merupakan yang tertipis. Penggunaannya lebih cocok untuk melindungi kabel listrik maupun saluran dalam akuarium. 

Pilih Ukuran yang Tepat 

Anda perlu menyesuaikan ukuran pipa PVC berdasarkan kebutuhan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kesalahan saat membeli pipa. Sehingga, tidak ada biaya yang terbuang. 

Dalam sistem JIS sendiri, setiap tipenya memiliki ukuran baragam.  

Untuk kelas AW, tersedia pilihan ½ inch hingga 10 inch. Anda dapat memilih antara 1 ¼ inch sampai 10 inch untuk kelas D.  Dan dalam kelas C, tersedia pilihan ⅝ inch hingga 5 inch. 

Agar sesuai antara ukuran dan kebutuhan, Anda perlu menggali informasinya. Berikut kegunaan pipa sesuai jenis dan ukurannya: 

  • Pipa kelas C dengan ukuran ⅝ inch umumnya dipakai sebagai pelindung kabel. 
  • Pipa PVC 3 inch dan 4 inch kelas C dapat dipakai untuk saluran pembuangan air selama tekanannya rendah. 
  • Pipa kelas D berukuran 2 ½ inch, 3 inch, dan 4 inch dipakai sebagai saluran pembuangan air dalam rumah.  
  • Pipa PVC ½ inch dan ¾ inch kelas AW biasa dipakai untuk mengalirkan pasokan air bagi rumah tangga. Anda bisa menggunakan ukuran yang lebih besar jika ingin mengalirkan air dengan debit tinggi. 

Perhatikan Kekuatan 

Saat membeli pipa di toko bangunan, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan merek. Harga dan ketahanannya bisa bervariasi.  

Agar tidak bingung, Anda bisa menanyakan ke toko bangunan sebagai pertimbangan dalam memilih. Namun, ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan. 

Pipa dengan bahan PVC umumnya dapat bertahan selama 1 hingga 2 tahun. Setelahnya, Anda dapat mengganti pipa pada saluran air Anda. Ini dilakukan agar saluran air terhindar dari kebocoran akibat pipa yang kaku dan retak. 

Jangan Lupakan Fitting dan Perekat 

Penggunaan fitting harus sesuai dengan pipa baik jenis maupun diameternya. Bentuk fitting pun beragam, mulai dari bentuk L, T, hingga tanda tambah. Anda juga perlu menggunakan bentuk yang sesuai kebutuhan. 

Pemilihan lem pun penting. Ada jenis lem yang hanya sekedar merekatkan pipa. Selain itu, ada pula lem yang dapat menyatukan pipa dengan proses kimia. 

Penutup 

Dalam memilih pipa untuk instalasi rumah, ternyata banyak yang harus dipertimbangkan. Jenis pipa, ukuran, hingga kekuatan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memerlukan pipa untuk instalasi rumah, percayakan pada Bagong Jaya.  

Kami merupakan distributor spesialis pipa dan talang air PVC. Oleh karenanya, Anda tidak perlu meragukan kami. Dapatkan solusi permasalahan pipa PVC di rumah Anda bersama Bagong Jaya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.